Ayo Bersinergi – Sinergi Penulisan 1

Ayo Bersinergi – Sinergi Penulisan 1

Saat ini saya sudah memiliki belasan blog yang mayoritas hanya untuk menawarka jasa penulisan. Aneh memang mungkin bagi sebagian orang, tapi bagi saya ini adalah keterlanjuran yang kelak bermanfaat, atau boleh lah menyebutnya “kesalahan berfaedah.”

Aneh kan, atau mungkin baru mendengarnya saat ini? saya juga kok, tapi detailnya begini. Dulu, 6 tahun yang lalu, 2013, saya memulai semuanya dari awal. Tanpa guru, teman apalagi mentor. Dalam anggapan saya untuk setiap kali pencarian di Google yang muncul adalah nama domain. Dan itu memang terjadi saat itu, jujus saya baru buat blog usia seminggu bahkan kurang, dengan keyword on domain bisa muncul di page one Google, bahkan nomor satu. Hehehe…

Tapi itu dulu, saat mungkin masih jarang yang mengoptimasi blog dengan menyesuaikan alogaritma Google. Kini semuanya sudah berubah. Setiap orag lebih memilih branding daripada harus memaksakan punya keyword on domain. Dan saya akui blog saya yang awalnya number one google pun kita mulai digeser oleh blog-blog yang benar-benar memperhatikan apa-apa yang disukai Google.karena jujur dengan punya belasan blog, saya malah kurang fokus, bahkan jarang update artikel, akibatnya posisi blog denganjumlah yang banyak ini malah kalah diberbagai kata kunci.

Kecewa?

Tentu tidak. Karena saya ingat awal saya mendirikan blog ini ternyata bukan hanya untuk memenangkan jasa penulisan saya, tapi lebih pada untuk membangun komunitas penulis pemula, yang mungkin saya bolehdibilang salahsatu di dalamnya. Tepatnya saya ingin memberikan informasi pada mereka yang awal-awal menulis, bagaimana cara mendapatkan penghasilan sebagai penulis freelance.

Defiinisi freelance juga disini bukan dalam artian lepas yang kadang dapat job, kadang  tidak, bukan begitu. Tapi saya akan berbagi bagaimana saya kini Alhamdulillah bisa menjadi “survive writer.” Nah tuh kan ada istilah baru lagi apa lagi ini?

BACA JUGA   Writerpreneur Penulisan Buku Biografi

Begini, saya mau jujur bahwa mungkin banyak masyarakat indonesia yang saat ini masih menganggap profesi menulis bukan profesi serius yang bisa digeluti sebagai profesi yang menghasilkan. Bahkan jika boleh saya menyebutnya sebagai profesi utama. Tapi memang untuk menjadikan profesi ini menjadi menghasilkan / utama memang butuh proses yang tidak mudah, tapi jika mau kita semua bisa meraihnya.

Saya pribadi bukan seorang yang datang dari pendidikan berlatar belakang sastra, saya adalah pendidik, tepatnya seorang guru. Tapi Alhamdulillah perjalanan hidup saya seakan menuntun saya untuk menjadi penulis, baik dalam bentuk buku dan blog. Dengan dua platform inilah hingga saat ini saya bersyukur bisa hidup cukup di kota satelit Jakarta, Bekasi.

Kembali lagi pada blog saya yang ada beberapa khusus penulisan itu nantinya akan saya buat ajang berbagi khususnya bagi adik-adik yang ingin mendapatkan kesempatan menjadi penulis freelance. Tanpa harus membuat blog sendiri, membayar domain dan hosting setiap tahun, dll. Cukup dengan mengirim contoh tulisan dan memberikan kontak yang bisa dihubungi kepada saya.

Untuk apa?

Cara ini yang saat ini saya jalani untuk melakukan marketing jasa penulisan. Jadi calon klien tahu, jika penulis itu ikut dalam tim saya, untuk memakai jasanya bisa melalui saya, sebagai agensi sekaligus support marketing baik online dan offline (merekomendasikan sesuai kapasitas).

Tujuannya adalah supaya di setiap daerah ada penulis yang bisa mmebantu calon klien yang ada di daerahnya sendiri. Jarak yang dekat lebih memungkinkan intensitas pertemuan, sehingga lebih bisa menghasilkan tulisan yang baik.

Kenapa ini saya buat?

Tentu ada alasan yang kuat, diantaranya dengan adanya beberapa orang yang bertanya,

BACA JUGA   Writerpreneur Punya Peluang Besar Ini

“Pak Iwan, ada cabang di Surabaya, kah”

“Pak Iwan ada tidak yang bisa bantu penulisan untuk daerah Pondok Labu, Jakarta Selatan?”

“Pak Iwan ada referensi tidak penulis yang berasal dan paham latar belakang Jawa Tengah, khususnya Keraton …..?”

Nah, memang kemauan klien sampai sedaitail itu, dan pastinya saya tidak bisa melakukannya seorang diri.

Jika Anda, adik-adik yang punya bakat dan kemampuan menulis ingin bergabung dengan saya, silahkan hubungi kontak saya ya, saya tunggu.

 

 

Semoga bermanfaat dalam berbagi.

Untuk detailnya saya akan jelaskan di postingan berikutnya di kategori yang sama di blog ini.

 

sinergi penulisan di Indonesia

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Content Strategist yang mulai banyak dikenal di Indonesia. 

Sebagai penulis biografi dan ghost writer telah membantu 20 an klien menyelesaikan penulisan bukunya. 

Sebagai content strategis bukan hanya menjadikan situs yang dikelola banyak dikenal oleh klien, tapi juga dengan itu ia dapat membantu penulis profesional lainya dalam mendapatkan klien sesuai kapasitasnya. 

Kini ia mulai merintis self publihing dengan harapan bisa membantu klien mulai dari penulisan konten buku, pewajahan hingga cetak buku sesuai budget yang disediakan oleh setiap klien. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, agency desain, advertising dan yang lainnya untuk tetap memberikan konten yang kreatif dan berkualitas. 

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0857 1149 4600