Buku Pertama, Sebaiknya Menulis tentang Apa?

Buku Pertama, Sebaiknya Menulis tentang Apa?

Menentukan buku pertama yang akan ditulis adalah hal yag sulit bagi sebagian orang. Karena banyak yang beranggapan bahwa buku adalah cerminan bagaimana penulisnya. Hal itu relatif, bisa benar atau tidak tergantung niat awal kita dalam menulis.

Bagi saya apa yang akan ditulis ditulis saja, tanpa perlu banyak pertimbangan. Toh, jarang sekali mereka yang dikenal sebagai penulis setelah menyelesaikan buku atau tulisan pertamanya. Ini artinya apa? Tentu saja tidak bisa kita mengharapkan tulisan kita langsung bagus dari pengalaman pertama.

Harus ada usaha beberapa kali sobat, dan kalaupun dalam kesekian kali gagal itu jangan pernah berhenti untuk mencoba. Jadi, harus tetap semangat ya?

Ok, sebagaimana pembahasan kita sebelumnya tentang buku apa yang pertama ditulis? saran saya tetap buku yang isinya kalian benar-benar mengusai tentang hal itu. Bisa tentang bidang tertentu, hoby, pengalaman, pemikiran, dll yang penting kalian memang benar-benar bisa “diandalkan” untuk hal itu.

Jika buku pertama ini telah rampung, lalu buku apa selanjutnya?

Boleh dengan menulis bahasan yang banyak disukai pembaca, misalnya tentang kemanusiaan, drama kehidupan, hal aneh/ ganjil dan hal yang berguna (tips atau tutorial).

Mengapa pilihan ini dilakukan pada buku kedua, karena jika kalian sudah menulis buku pertama, kalian akan tahu bagaimana ritme menulis kalian. Dengan ini bisa menjadi bekal untuk menyelesaikan buku kedua dan selanjutnya.

Buku yang Banyak Disukai Pembaca

 

Facebook Comments
BACA JUGA   Tips, Motivasi dan Panduan Menulis ala Iwan Wahyudi

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Content Strategist yang mulai banyak dikenal di Indonesia. 

Sebagai penulis biografi dan ghost writer telah membantu 20 an klien menyelesaikan penulisan bukunya. 

Sebagai content strategis bukan hanya menjadikan situs yang dikelola banyak dikenal oleh klien, tapi juga dengan itu ia dapat membantu penulis profesional lainya dalam mendapatkan klien sesuai kapasitasnya. 

Kini ia mulai merintis self publihing dengan harapan bisa membantu klien mulai dari penulisan konten buku, pewajahan hingga cetak buku sesuai budget yang disediakan oleh setiap klien. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, agency desain, advertising dan yang lainnya untuk tetap memberikan konten yang kreatif dan berkualitas. 

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0857 1149 4600