Cara Efektif Menghasilkan Buku Pertama

Cara Efektif Menghasilkan Buku Pertama

Langkah efektif menghasilkan sebuah buku, bagi kalian yang ingin menulis buku. Adalah sebagai berikut:

  1. Ingin menulis buku apa?

Tentukan buku apa yang ingn kalian tulis, fiksi atau non-fiksi? Semuanya sama-sama baik, bermanfaat dan punya nilai. Karena yang membedakan baik atau tidaknya adalah kualitas tulisan, bukan berarti yang non-fiksi lebih baik karena riil terjadi, karena tidak sedikit buku non-fiksi yang ditulis syarat dengan nilai yang mulia.

  1. Outline

Saat ada ide menulis jangan sampai menguap begitu saja. Harus diikat dengan tulisan. Ya, ide itu datang pada siapa saja dan kapan saja, bedanya mereka yang kreatif dan tidak adalah si kreatif merasa idenya mahal, karena itu saat ide datang ia langsung menyimpannya dengan baik dengan menuskannya.

Terampil dalam membua outlie akan melatih kalian dalam menentukan arah, tujuan dan planning menulis yang baik. Jadi, mulai saat ini cobalah membuat outline tulisan dimulai dengan ide-ide yang kalian dapatkan.

  1. Yang penting mulai

Apa asaja yang ingin kalian tulis ya tuliskan saja. Karena kiat sederhana untuk menjadi penulis ya harus nulis !

Cobalah untuk menuliskan apa saja yang akan ditulis tanpa ada beban, keraguan dan ketakutan misalnya tulisannya jelek, kurang menarik, membosankan, sulit dipahami, dll.

  1. Dateline (maaf di gambar salah tulis, ya?)

Segala sesuatu harus punya target, begitu juga dengan menulis. Jika ingin sukses menulis buku pertama, caranya mudah, yaitu kalian harus tetukan kapan buku pertama ini harus selesai. Karena tanpa ada target yang ada kalian hanya berangan-angan ingin jadi penulis terkenal, kaya atau punya buku best seller tapi buku pertama kalian saja tidak ada. Benarkan seperti itu?

BACA JUGA   Pentingnya Membuat Kerangka Tulisan

Yuk, mulai tentukan dateline penulisan buku pertamamu, dan… laksanakan !

  1. Mengedit

Nah, setelah tulisannya selesai coba untuk membacanya sendiri, pasti nanti akan menemukan bagian-bagian yang kira-kira enaknya gimana, indahnya gimana, supaya mudah dipahami bagaimana, dsb. Kamu juga bisa minta bantuan teman yang lebih profesional, supaya bisa mendapat masukan tentang cara penulisan yang lebih enak dibaca dan dipahami.

Tips efektif menulis buku ala Iwan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Content Strategist yang mulai banyak dikenal di Indonesia. 

Sebagai penulis biografi dan ghost writer telah membantu 20 an klien menyelesaikan penulisan bukunya. 

Sebagai content strategis bukan hanya menjadikan situs yang dikelola banyak dikenal oleh klien, tapi juga dengan itu ia dapat membantu penulis profesional lainya dalam mendapatkan klien sesuai kapasitasnya. 

Kini ia mulai merintis self publihing dengan harapan bisa membantu klien mulai dari penulisan konten buku, pewajahan hingga cetak buku sesuai budget yang disediakan oleh setiap klien. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, agency desain, advertising dan yang lainnya untuk tetap memberikan konten yang kreatif dan berkualitas. 

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0857 1149 4600