Cara Efektif Menghasilkan Buku Pertama

Cara Efektif Menghasilkan Buku Pertama

Langkah efektif menghasilkan sebuah buku, bagi kalian yang ingin menulis buku. Adalah sebagai berikut:

  1. Ingin menulis buku apa?

Tentukan buku apa yang ingn kalian tulis, fiksi atau non-fiksi? Semuanya sama-sama baik, bermanfaat dan punya nilai. Karena yang membedakan baik atau tidaknya adalah kualitas tulisan, bukan berarti yang non-fiksi lebih baik karena riil terjadi, karena tidak sedikit buku non-fiksi yang ditulis syarat dengan nilai yang mulia.

  1. Outline

Saat ada ide menulis jangan sampai menguap begitu saja. Harus diikat dengan tulisan. Ya, ide itu datang pada siapa saja dan kapan saja, bedanya mereka yang kreatif dan tidak adalah si kreatif merasa idenya mahal, karena itu saat ide datang ia langsung menyimpannya dengan baik dengan menuskannya.

Terampil dalam membua outlie akan melatih kalian dalam menentukan arah, tujuan dan planning menulis yang baik. Jadi, mulai saat ini cobalah membuat outline tulisan dimulai dengan ide-ide yang kalian dapatkan.

  1. Yang penting mulai

Apa asaja yang ingin kalian tulis ya tuliskan saja. Karena kiat sederhana untuk menjadi penulis ya harus nulis !

Cobalah untuk menuliskan apa saja yang akan ditulis tanpa ada beban, keraguan dan ketakutan misalnya tulisannya jelek, kurang menarik, membosankan, sulit dipahami, dll.

  1. Dateline (maaf di gambar salah tulis, ya?)

Segala sesuatu harus punya target, begitu juga dengan menulis. Jika ingin sukses menulis buku pertama, caranya mudah, yaitu kalian harus tetukan kapan buku pertama ini harus selesai. Karena tanpa ada target yang ada kalian hanya berangan-angan ingin jadi penulis terkenal, kaya atau punya buku best seller tapi buku pertama kalian saja tidak ada. Benarkan seperti itu?

BACA JUGA   Kegigihan dalam Menulis itu Penting

Yuk, mulai tentukan dateline penulisan buku pertamamu, dan… laksanakan !

  1. Mengedit

Nah, setelah tulisannya selesai coba untuk membacanya sendiri, pasti nanti akan menemukan bagian-bagian yang kira-kira enaknya gimana, indahnya gimana, supaya mudah dipahami bagaimana, dsb. Kamu juga bisa minta bantuan teman yang lebih profesional, supaya bisa mendapat masukan tentang cara penulisan yang lebih enak dibaca dan dipahami.

Tips efektif menulis buku ala Iwan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

                           PERKENALAN    

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Penulis Konten Perusahaan yang telah berpengalaman selama 10 tahun. 

Sebagai penulis telah membantu 30 + klien personal menyelesaikan penulisan bukunya. Ia bersama tim juga telah menyelesaikan puluhan konten perusahaan, baik berupa laporan (seperti annual report, sustainability report, CSR report) maupun yang berupa buku dokumentasi dan informasi (seperti buku sejarah dan majalah perusahaan)

Atas pencapaiannya maka ia mendapatkan kepercayaan untuk menulis buku sejarah perusahaan (biasanya untuk memperingati ulang tahun perusahaan) yang dibiayai oleh sponsor dengan syarat dan kriteria tertentu.

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, instansi, organisasi, advertising dan yang lainnya untuk menghasilkan buku yang kreatif dan berkualitas dari segi isi dan tampilan.

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0822 3000 3636