Cara Membuat Kerangka Tulisan

Cara Membuat Kerangka Tulisan

Pembahasan kita kali ini adala tentang Cara Membuat Kerangka Tulisan. Pembahasan ini penting bagi kamu yang ingin menulis apa saja; artikel, makalah bahkan buku atau karya ilmiah tingkat akhir seperti skripsi, tesis dan desertasi. Seperti apa pentingnya menulis kerangka tulisan ini untuk sebuah proses penulisan? Untuk menjawab ini maka artikel sederhana ini ditulis.

Sebelum menulis usahakanlah untuk membuat kerangka tulisan. Karena dengan cara ini kita bisa menulis dengan lebih terarah. Jangan sampai  kami menulis hanya semangat di awal saja, tapi selanjutnya jadi kehabisan ide, karena sebelumnya kamu tidak membuat kerangka tulisan. Sayang sekali kan? Cobalah untuk membuatnya meski isinya hanya beberapa kalimat yang bisa memudahkan kamu untuk menyelesaikan tulisan yang sedang kamu kerjakan.

Pasti pernah merasakan macet saat menulis kan? Apakah ini karena kekurangan ide? Kadang iya, tapi kadang juga tidak. Terlalu banyak ide pun kadang membuat kita bingung jika menulis tanpa kerangka. Karena bagi saya, menulis tanpa kerangka, seperti halnya kita membawa bekal yang banyak, tapi tidak tahu berapa lama kita harus menempuh perjalanan dan dimana saja tempat kita berhenti untuk makan, dll.

Apa jadinya? Tentu bekal yang kita bawa bisa habis lebih dulu sebelum perjalanan yang kita lakukan selesai atau sampai pada tujuan. Begitu juga dengan menulis. Bahkan untuk menulis sebuah tulisan pendek pun, seperti artikel , sebaiknya kita membuat kerangka tulisannya, karena ini tentu akan sangat memudahkan dalam proses penulisan.

Macam-macam kerangka tulisan

  1. Kerangka tulisan untuk artikel

Kerangka tulisan untuk penulisan artikel cukup sederhana saja. Kamu bisa membuautnya dengan menuliskan point-point penting yang akan ditulis. Tapi ingat, sederhana tapi tidak boleh ditinggalkan sama sekali. Kamu harus tetap membuatnya.

BACA JUGA   Cara Efektif Menghasilkan Buku Pertama

Kenapa? Tentu karena kerangka ini bisa menjadi penuntunmu saat dalam proses penulisan artikel. Apalagi saat kamu harus menulis artikel dengan kategori panjang, misalnya 700, 1000, 1500 kata atau bahkan lebih. Tidak bisa hanya dengan sekali tancap gas, tanpa ada kerangka tulisan yang kamu buat sebelumnya.

Bagaimana contoh kerangka tulisan untuk artikel? Begini contoh sederhananya. Misalnya kita akan menulis artikel tentang Cara Memasarkan Buku dengan Internet Marketing:

Cara Memasarkan Buku dengan Internet Marketing

  • Perkembangan zaman saat ini dengan makin bertambahnya pengguna internet
  • Kebiasaan masyarakat saat ini adalam membeli barang secara online
  • Banyak barang yang bisa ditawarkan via online. Salahsatunya adalah buku
  • Jualan buku via online bisa dilakukan dengan dua cara; gratis dan berbayar
  • Cara gratis bisa dilakukan dengan postingan di social media, misalnya Fb, Ig, Twitter, dll
  • Cara berbayar bisa dilakukan dengan ngiklan di Fb, Ig atau juga Google
  • Lakukan evaluasi hasil jualan dengan cara gratis dan berbayar
  • Kesimpulan

Dengan kerangka tulisan seperti diatas tulisan kamu akan lebih terarah. Dengan kerangka seperti itu juga akan memudahkan kamu untuk menulis minimal artikel 700 kata bahkan lebih.

  1. Kerangka tulisan untuk karya ilmiah (makalah)

Kerangka tulisan untuk karya ilmiah yang terpenting adalah selain menuliskan point-point yang akan dipakai, juga harus dituliskan sumber referensinya. Namanya juga ilmiah, karena itu setiap argument yang ada di tulisan tersebut harus ada sumbernya yang akurat.

Lebih baik jika membuat kebih dulu kerangka tulisannya, baru mencari sumber-sumber referensinya. Biasanya setelah mendapatkan sumber referensi, kerangkan tulisan yang kita buat akan bertambah. Lakukan saja sampai tulisan yang kita buat hasilnya maksimal (enak dibaca, lengkap dan sumber referensinya akurat).

  1. Kerangka tulisan untuk buku
BACA JUGA   Tips Paling Mudah Menjadi Penulis

Nah, untuk membuat kerangka tulisan untuk buku ini memang dibutuhkan usaha ekstra disbanding dua kerangka tulisan diatas. Dalam penulisan buku sebagian orang menyebutnya sebagai outline.

Outline buku ini sangat penting dibuat untuk membuat penulisan buku runut, menarik dan mudah dipahami oleh pembaca. Cara pembuatan outline ini ada dua. Ada yang membuatnya dulu, baru mencari bahan-bahan penulisannya. Ada juga yang sebaiknya, mengumpulkan bahan-bahan penulisannya, baru membuat outlinenya.

Kamu bisa melakukannya sesuai dengan kemampuanmu. Tidak ada salahnya mencoba, baru kamu akan tahu mana yang terbaik dan mudah untukmu.

 

Diatas kita sudah bahas untuk jenis kerangka tulisan, yang untuk sementara ini, saya tuliskan hanya 3 macam dulu. Pembahasan yang tidak kalah penting tentang kerangka tulisan ini adalah,

“Bagaimana cara membuat kerangka tulisan?”

Cara membuat kerangka tulisan yang paling baik adalah yang tidak sekali buat langsung jadi, tapi bisa berubah-ubah sesuai dengan bertambahnya ide dan bahan tulisan yang muncul dalam proses penulisan.

Bagaimana langkah-langkah membuat kerangka tulisan?

Untuk tahap awal coba buat secara global dulu yang penting tahu point-point pentingnya apa dan bagaimana menjabarkannya. Baru setelah proses penulisan berjalan kita bisa menambahkan supaya bisa lebih lengkap dan detail dari sebelumnya.

Artikel tentang Cara Membuat Kerangka Tulisan ini akan terus saya tambah sesuai dengan data dan informasi yang dibutuhkan untuk mendukung artikel ini. Jadi jangan lupa untuk selalu berkunjung ke blog referensi penulisan terlangkap ini.

Silahkan kamu boleh berkomentar untuk menanyakan apa saja yang mungkin belum kamu pahami tentang bahasan di artikel ini. Sekian pembahasan kita kali ini Cara Membuat Kerangka Tulisan.

tips membuat kerangka tulisan

Facebook Comments
BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang menerima email rutin saya dan pelajari cara menulis yang baik untuk social media, artikel blog dan buku dari saya yang telah berpengalaman 10 tahun menjalani profesi ini
Kesempatan terbatas !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

                           PERKENALAN    

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Penulis Konten Perusahaan yang telah berpengalaman selama 10 tahun. 

Sebagai penulis telah membantu 30 + klien personal menyelesaikan penulisan bukunya. Ia bersama tim juga telah menyelesaikan puluhan konten perusahaan, baik berupa laporan (seperti annual report, sustainability report, CSR report) maupun yang berupa buku dokumentasi dan informasi (seperti buku sejarah dan majalah perusahaan)

Atas pencapaiannya maka ia mendapatkan kepercayaan untuk menulis buku sejarah perusahaan (biasanya untuk memperingati ulang tahun perusahaan) yang dibiayai oleh sponsor dengan syarat dan kriteria tertentu.

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, instansi, organisasi, advertising dan yang lainnya untuk menghasilkan buku yang kreatif dan berkualitas dari segi isi dan tampilan.

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0822 3000 3636