Cara Menulis Artikel dan Buku Kreatif, Cara Menjadi Penulis Kreatif, Siapa yang Membutuhkan Penulis Kreatif ?

Cara Menulis Artikel dan Buku Kreatif, Cara Menjadi Penulis Kreatif, Siapa yang Membutuhkan Penulis Kreatif ?

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang: bagaimana cara menjadi penulis kreatif yang mampu menghasilkan artikel-artikel dan buku-buku kreatif  yang dibutuhkan klien penulisan?

Dalam dunia penulisan kreativitas sangat diperlukan. Karena dengan dengannya kita menciptakan dan memotivasi sesama untuk berbagai hal bermanfaat, misalnya:

Dengan mengajak penulis-penulis muda untuk menginspirasi mereka. misalnya dalam blog saya, Penulis Kreatif, saya mengatakan bahwa peluang penulisan sangat terbuka lebar. Caranya adalah coba kita sesaat berpikir;

Bahwa peluang menulis artikel/ buku sangat luas

  • Berapa orang yang sebenarnya ingin menulis sebuah buku / ingin punya blog, tapi tidak punya cukup waktu untuk menuliskannya?

Jumlahnya sangatlah banyak, karena setiap buku dan blog ini punya sasaran sendiri. Jadi semakin hari akan semakin banyak orang yang membutuhkan jasa penulisan artikel/ buku.

  • Berapa banyak perusahaan, instansi atau organisasi yang ingin menulis buku, tapi mereka terbatas dengan tehnik penulisan/ dengan waktu luang.

Karena memang kien penulisan ini ada dua. Pertama, mereka yang memang tidak tahu tehnik penulisan. Kedua, mereka yang paham tehnik penulisan, tetap tidak punya cukup waktu untuk menulis.

 

Bagaimana cara menjadi penulis artikel / buku kreatif?

Cara menjadi penulis kreatif:

  1. Berusaha untuk tidak meniru ide atau gagasan orang lain

Misalnya saya untuk memulai membuat blog saja, bisa memulainya dari menulis pengalaman pribadi saya belajar menulis artikel hingga buku.

  1. Bagaimana kita mendapatkan ide yang orisinil

Banyak cara untuk mendapatkan ide, misalnya dengan membaca buku, artikel, sekitar kita bahkan sebuah film. Cobalah membuat ide orisinil dari itu semua.

  1. Mempunyai gaya penulisan sendiri

Meskipun banyak yang kita baca, tapi kita harus mempunyai gaya penulisan sendiri. Di beberapa blog saya, gaya penulisannya hampir sama – intinya bagaimana artikel itu selain enak dibaca, juga memenuhi kiteria SEO, sehingga juga bisa muncul di mesin pencari.

BACA JUGA   Nulis Artikel Dibayar Bulanan: Cara, Tahapan dan Tugas sebagai Penulis Artikel yang Dibayar Bulanan

 

Bagaimana tahapan-tahapan menjadi penulis kreatif?

Tahapan untuk menjadi penulis kreatif:

  1. Memulai untuk terbiasa menulis

Saya pribadi mulai suka menulis sejak saya kelas 1 SMP, dimana saat itu saya suka menulis apa saja yang saya alami dalam keseharian saya. meski saat itu lebih pada pencatatan saja. Mulai dari kegiatan di sekolah hingga di rumah semua ditulis.

  1. Kita membiasakan dengan menulis hal-hal yang mudah dulu.

Apa saja yan kita anggap mudah, mulai tulis saja. Karena itu saya biasa menulis keseharian mulai masuk sekolah,  pulang sekolah sibuk dengan mengulik radio FM (karena saya kurang suka menonton TV), dan kegiatan setiap hari beternak ayam, merpati dan kucing.

Bayangkan saya pelihara 3 jenis hewan tersebut seorang diri, semuanya saya tulis di diari saya saat itu.

  1. Jika sudah terbiasa, mulai menulis pembahasan yang lebih berat (sulit).

Saat itulah saya mulai menulis di blog, untuk melatih kepercayaan diri menulis. Awalnya saya menulis di blog juga tentang keseharian saya, tapi selanjutnya saya lebih sering untuk menulis apa-apa yang telah saya pelajari, seperti misalnya pengalaman belajar menulis artikel, membuat beberapa artikel bersambung, belajar mengedit tulisan, hingga tehnik penulisan buku.

Semua itu harus kita upgrade (menulis bahasan yang lebih berat), karena dengan itu kita bisa memberi manfaat yang lebih banyak kepada pembaca blog kita.

Menjadi penulis kreatif memang tidak mudah, tapi harus mulai dimulai saat ini.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Content Strategist yang mulai banyak dikenal di Indonesia. 

Sebagai penulis biografi dan ghost writer telah membantu 20 an klien menyelesaikan penulisan bukunya. 

Sebagai content strategis bukan hanya menjadikan situs yang dikelola banyak dikenal oleh klien, tapi juga dengan itu ia dapat membantu penulis profesional lainya dalam mendapatkan klien sesuai kapasitasnya. 

Kini ia mulai merintis self publihing dengan harapan bisa membantu klien mulai dari penulisan konten buku, pewajahan hingga cetak buku sesuai budget yang disediakan oleh setiap klien. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, agency desain, advertising dan yang lainnya untuk tetap memberikan konten yang kreatif dan berkualitas. 

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0857 1149 4600