Cara merebut hati costumer online

Cara Merebut Perhatian Customer di Saat yang Tepat

Posted by

Bagaimana cara merebut perhatian customer? Konon, sebagaimaan kita melakukan pendekatan pada seseorang. Cara dan waktunya pun harus tepat. Gak mungkin juga kan kita menawarkan sesuatu kepada mereka yang sedang bad mood, karena kemungkinan hasilnya akan mengecewakan, iya kan?

Maka pada artikel berikut ini akan kita bahas tuntas tentang bagaimana cara

Kita sepakat ya, di era teknologi seperti ini menyebabkan banyak distraksi muncul. Siapapun berebut perhatian supaya jadi yang pertama bagi targetnya. Makanya di dalam marketing ada yg namanya push marketing atau strategi dorong.

Sebelum bicara push marketing ada satunya yaitu pull marketing. Kalau di dunia digital ini maka contohnya ya ada ketika dicari di google, tersedia di gojek atau grab, mudah dicari sosial medianya dll.

Dan kalau push marketing ini maka seperti ads sosial media, adanya notifikasi kirim pesan dari aplikasi messenger seperti telegram dan whatsapp serta yg paling klasik adalah telemarketing.

Untuk hasil yg maksimal, khusus bicara soal kirim pesan untuk merebut / memberikan perhatian ke customer ini bukan berarti asal-asalan ya. Tetap berikan pesan yang sesuai dengan momennya. Dan untuk dapat momen yang tepat ini memang perlu perencanaan diawal. Kalau tidak ada perencanaan maka bisa jadi justru kehilangan momen itu sendiri.

Nah, ini beberapa momen yang sepertinya pas untuk kita sebagai seller masuk.

1. Saat gajian

Ini adalah momen dimana setiap orang sedang ada uang untuk dianggarkan. Nah, pada saat seperti memberikan penawaran adalah momen yang tepat karena ada sisi “kemampuan dalam membayar”.

2. Ulang tahun

Dalam komunikasi dengan customer kan tidak melulu bicara soal jualan. Kadang kita juga perlu memberikan perhatian-perhatian kecil pada momen spesialnya seperti ucapan ulang tahun.

BACA JUGA   Beriklan di Facebook, Apa Saja Kelebihannya ?

3. Event

( harbolnas, 11.11, natal, tahun baru, lebaran dll )

Bicara soal event ini kemungkinan sudah umum ya, apalagi ketika kita lihat harbolnas 2020 kemarin. Nah, disini artinya kamu juga bisa melakukan promo pada waktu orang” sedang hype belanja seperti di harbolnas atau berikan perhatian kecil pada perayaan agama customer.

4. Recurring

Tidak semua produk bisa recurring. Tapi ketika kamu memiliki produk yang memang harus digunakan / konsumsi secara berulang, maka melakukan pengingat saat produk tersebut hendak habis akan mempercepat customer dalam mengambil keputusan beli lagi atau minimal mempersiapkan kedepannya ketika benar-benar habis.

5. Janji atau kesepakatan

Ketika ada suatu kesepakatan yang sudah dibuat sebelumnya seperti janji transfer misalnya, maka wajib untuk dicatat baik-baik. Sebagai seller tidak bisa hanya menunggu tapi juga harus mengingatkan, karena bisa jadi customer ini lupa ( pikiran customer tidak hanya pada produk atau toko kita saja kan ).

Pertanyaannya adalah kenapa momen itu penting? Karena dengan mengetahui momen diawal maka kita bisa menyiapkan dan merancang strategi yang ingin dilakukan kedepannya. Dengan hal ini maka tujuan / goal itu lebih mudah untuk dicapai.

PR berikutnya adalah ketika sudah tahu momen yang tepat biasanya muncul kendala saat eksekusinya. Meskipun tahu momen tapi tidak tereksekusi dengan baik kan sama saja bohong ya. Nah, penyebabnya sih biasanya karena lupa, tidak punya waktu karena ada rutinitas lain atau dieksekusi tapi tidak merata serta maksimal.

Eksekusi untuk mengirimkan pesan di momen yang tepat itu kini lebih mudah ketika menggunakan CRM gabungin karena ada fitur yang sifatnya men-scedule. Jadi kamu cukup setting diawal saja maka rutinitas itu nantinya akan dieksekusi oleh platform scedula yang Anda miliki. Bagaimana cara kerjanya ?

BACA JUGA   Pengalaman Saya Menjalankan Usaha Dropship

✅ Sekali atau berulang

Bisa ditentukan apakah hanya sekali kirim atau pengulangan seperti harian, mingguan, bulanan dan tahunan.

Contoh pengaplikasian :

– Harian misal reminder absensi untuk team

– Mingguan misal penjadwalan untuk review team

– Bulanan misal pengingat untuk recurring / langganan suatu produk tertentu

– Tahunan misal pengingat ulang tahun customer

✅ Kirim personal atau list segmen tertentu

Contoh pengaplikasian :

– Personal misal janji transfer tanggal x

– List segmen misal penjadwalan promo free ongkir hanya untuk pembeli produk x domisili di jakarta saja

✅Multi number

Ketika kita menyadari ada banyak list yang memang harus dikirimkan, setidaknya untuk tetap dalam aktifitas yang normal maka perlu melakukan split nomer. Itu salah satu pencegahan supaya tidak terjadi hal hal yg tidak diinginkan seperti banned.

✅ Gunakan nomer yang sama.

Fitur ini menjadikan customer tidak bingung lagi ketika menerima pesan karena nomernya yang selalu ganti-ganti. Ibarat cookies, sekali dikirim dari nomer A meskipun pakai multi number kedepannya, maka untuk customer tersebut tetap akan dikirim pesan dengan nomer sebelumnya yaitu A.

✅Waktu

Mengirim pesan pada saat orang-orang sedang online akan mempercepat dalam mendapatkan aksi seperti baca atau bahkan balasan pesan dibandingkan ketika offline. Belum lagi pesan kita terlanjur tenggelam oleh pesan pesan baru yang masuk.

✅PC tidak harus on.

Karena ini basicnya adalah web based, maka tanpa komputer / laptop on pun proses penjadwalan itu akan tetap berjalan.

Begitulah sharing dari saya. Jika dirasa bermanfaat silakan share

Jangan hanya tergoda oleh kecanggihan tools, tapi pahami fungsi dan manfaat yang bisa diambil untuk kelancaran atau percepatan usaha temen-temen.

Facebook Comments
BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari saya, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi penghasilan sampingan bahkan utama Anda
Email Anda aman bersama kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *