Kerja dari Rumah Bisa Menjual Buku Seharga Jutaan Rupiah

Kerja dari Rumah Bisa Menjual Buku Seharga Jutaan Rupiah

IwanWahyudi.net – Kerja dari Rumah Bisa Menjual Buku Seharga Jutaan Rupiah. Sesuai dengan janji saya kemarin, maka pembahasan kita kali ini adalah tentang “Bagaimana Cara Menjual Buku Ensiklopedia Islam dengan harga Hampir 4 jutaan per set (isi 14 jilid)”?

Sebagaimana yang kita tahu bahwa banyak yang mengatakan bahwa minat baca masyarakat kita sangat rendah. Inidkasinya tentu dikaitkan dengan sepinya toko-toko buku di berbagai tempat, bahkan tidak jarang yang hingga gulung tikar karena minimnya pembeli. Karena tidak ada pilihan lagi selain menutup tokonya, karena biaya operasional tidak tertutupi dengan income yang di dapat.

Apa ini sepenuhnya benar?

Tidak juga, banyak penerbit yang hingga saat ini produktif menerbitkan buku. Tentunya masih ada peluang bagus buku-buku yang mereka terbitkan ini laku dipasaran sebagaimana sebelumnya. Karena itu muncul lagi pertanyaan, lalu yang membuat buku-buku tadi tidak laku sebenarnya apa?

Apakah harganya atau manfaatnya yang minim bagi pembaca?

Nah, pada pembahasan ini baru saya akan membahas khusus tentang jenis buku yang saya jual. Yaitu buku Ensinklopedia Islam edisi eksklusif dengan tampilan dan isi yang menarik. Bahasannya juga sangat bagus, yaitu membahas tentang ayat-ayat sains dalam Al Qur’an. Tentu ini sangat diminati oleh banyak kalangan muslim di Indonesia.

Tapi memang harus diakui harga buku yang mencapai jutaan ini tentu tidak mudah menjualnya. Karena bagi orang indonesia harga buku lebih dari 100 ribu terbilang mahal. Karena itu tidak jarang banyak yang hanya sebatas bertanya harga, setelah itu chat tidak dilanjutkan kembali, tentunya peminat seperti ini biasanya merasa harga buku yang diminatinya terlalu mahal.

Setiap dagangan ada pasarnya sendiri

Memang dari chat yang masuk untuk bertanya buku ini kebanyakan gak jadi beli. Penyebabnya tentu karena memang harganya yang mahal. Tapi saat itu saya tetap optimis, bahwa setiap dagangan pasti ada jodohnya. Pasti ada sebagian orang yang menganggap harga yang diayar sesuai dengan manfaat yang diperoleh. Karena itulah saya tetap semangat untuk menjualnya hingga satu per satu pembeli mulai berdatangan di toko online saya (aslinya sih berbentuk blog biasa yang saya update artikelnya untuk memperbaiki SEO).

Awalnya saya menjual buku ensiklopedia secara organik, tanpa beriklan, hanya mengandalkan SEO blog. Tapi karena makin lama banyak yang bermain, maka cara beriklan juga saya lakukan, tentunya semua saya lakukan secara otodidak hanya beberapa kali membeli tool dan panduan yang memudahkan saya untuk memahami step-step untuk beriklan di FB dan Google.

Pentingnya mengetahui dasar internet marketing

Dengan kita mengatahui dasar-dasar internet marketing sebenarnya banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Minimal bisa tahu barang yang kita jual itu sebenarnya masih banyak peminat atau sudah mulai berkurang peminatnya. Hal ini sangat pentig bagi saya yang hanyapunya budget pas-pasan untuk beriklan.

Jadi saat peminatnya masih banyak, kita bisa gass poll penjualannya, tapi saat sepi, kita harus mulai lebih jeli dengan mengetahui momen-momen apa saja yang kira-kira pas untuk beriklan. Jadi gak harus menjalankan iklan selama sebulan penuh, misalnya, tapi cukup saat hari-hari tertentu saja.

Alhamdululillah saya jualan ensiklopedia Islam ini berjalan hingga saat ini. Tapi memang harus diakui bahwa setiap barang pasti ada masa laris-sepi nya. Kini, memang sangat sulit untuk menjual buku ensiklopedia denga harga jutaan seperti ini lagi. Tapi lumayan lah saya setidaknya sudah pernah menjalankannnya dengan pembeli yang lumayan banyak dalam kurun waktu 3 tahun.

Naik turun dalam penjualan barang itu biasa

Bagi Anda yang ingin bisnis online, setidaknya ada pesan yang ingin saya sampaikan bahwa Anda harus siap menerima kenyataan bahwa “Naik turun dalam penjualan barang itu biasa.” Ada saatnya jualana kita laris, tapi juga kita harus siap jika suatu saat jualan kita sepi. Dan saya juga merasakannya.

Beruntung salain bisnis online saya juga punya usaha jasa penulisan. Dan saat bisnis online saya jualan buku ini sepi, Alhamdulillah jasa penulisan saya lumayan lebih ramai dari sebelumnya. Jadi masih ada sumber penghasilan untuk saya setiap bulannya. Karena itu Anda juga bisa melakukannya, jangan hanya berharap pada satu sumber income, karena saat sumber itu sepi, masih ada harapan dengan sumber income lainnya. Ya, kan?

Sebelum masa “saturated” itu datang

Bisnis online memang sangat mengasyikkan. Betapa tidak, dengan profesi ini kita sama seperti punya toko yang setiap hari besar kemungkinan bisa mendapatkan income. Karena itu tidak jarang para pebisnis online di Indonesia saat ini makin menjamur, apalagi dengan berjalannya waktu semakin banyak masyarakat yang “melek internet” dan mulai gemar berbelanja secara online hanya dengan gadget yang dimilikinya.

Tapi tidak jarang juga yang putus asa karena dengan banyaknya pesaing ini ada juga yang tersisih, kalah. Ini sebenarnya nasehat untuk diri saya juga, bahwa kadang saat kita merasa diatas (dagangan kita laris) kita lupa untuk menambah amunisi jualan kita. karena layaknya mempunyai toko di dunia nyata, ada kalanya pembeli mulai bosan dengan apa-apa yang kita jual.

Misalnya, kita jualan es kelapa, ada kalanya  yang kita jual ini laris manis. Tapi pada saat-saat tertentu ada kalanya pembeli mulai bosan dan mengalihkan konsumsinya pada es jus, es teh, dll. Jadi baiknya saat es kelapa itu leris tidak ada salahnya kan jika kita mulai menjual jenis es yang lain, tujuannya tentu supaya saat pembeli sudah bosan dengan daganan awal kita, ia masih ke lapak kita untuk membeli jenis es yang lain.

Ini juga berlaku untuk permisalan yang lain. Jadi para mastah dunia internet marketing memang menyarankan saat kita sudah mempunyai penghasilan rutin dari jualan yang sedang laris, saat itu juga harus mulai banyak meriset barang-barang jualan apalagi kira-kira yang berpotensi untuk laris. Lebih banyak jualan dan laris semua lebih Ok kan? He….

Banyaklah riset dan merenung

Kadang saat scrol timeline FB saya sering menemukan iklan yang berseliweran dengan komentar yang banyak. Saat itu saya mulai bergumam, “Oh jualan ini banyak juga ya peminatnya.”

Nah, sebenarnya itu adalah petuntuk untuk bisnis online kita. Tidak masalah jika kita mau mencobanya. Setidaknya kita tahu dari iklan tadi bahwa dagangan itu atau sejenisnya masih “hijau” dan bisa digarap.

Coba buat iklan yang lebih menarik, mungkin dengan begitu bisa mendapatkan respon yang bagus juga dari pembeli.

Setiap waktu harus terus berinovasi

Dunia bisnis online kini makin berkambang. Untuk meningkatkan penjualan banyak hal yang bisa dilakukan misalnya dengan upgrate pengetahuan kita tentang teknis yang sekiranya lebih memudahkan untuk closing setiap barang yang kita jual. Dalam menghadapi makin banyaknya tool dan tutorial bisnis online yang ada saat ini ini makin banyak ditawarkan tentu yang bisa menjadi pertimbangan adalah:

  1. Kita memang benar-benar memerlukannya
  2. Kita benar-benar bisa menggunakannya
  3. Jika point nomor 2 belum bisa, kita pastikan service after sales penjualnya bagus.
  4. Ilmu dan tool yang kita peroleh bisa diterapkan di bisnis online kita

Semoga sharing tentang pembahasan ini bermanfaat ya. Anda bisa membaca pembahasan lain tentang kerja dari rumah di artikel lain di blog ini. Silahkan komen dan share artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Content Strategist yang mulai banyak dikenal di Indonesia. 

Sebagai penulis biografi dan ghost writer telah membantu 20 an klien menyelesaikan penulisan bukunya. 

Sebagai content strategis bukan hanya menjadikan situs yang dikelola banyak dikenal oleh klien, tapi juga dengan itu ia dapat membantu penulis profesional lainya dalam mendapatkan klien sesuai kapasitasnya. 

Kini ia mulai merintis self publihing dengan harapan bisa membantu klien mulai dari penulisan konten buku, pewajahan hingga cetak buku sesuai budget yang disediakan oleh setiap klien. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, agency desain, advertising dan yang lainnya untuk tetap memberikan konten yang kreatif dan berkualitas. 

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0857 1149 4600