Kerja dari Rumah sebagai Penulis Freelance: Jenis Penulisan dan Tahapan Menjadi Penulis Freelance

Kerja dari Rumah sebagai Penulis Freelance: Jenis Penulisan dan Tahapan Menjadi Penulis Freelance

Profesi penulis freelance saat ini mulai banyak disukai oleh para penulis. Selain lebih cepat mendapatkan uang dari fee penulisan, profesi ini lebih flaksibel kerjanya. Bagaimana Cara Menjadi Freelance? Kita akan bahas dalam artikel ini.

Beberapa pertanyaan yang sering diajukan kepada saya adalah:

Sebagai penulis freelance yang bekerja dari rumah, jenis penulisan apa saja yang biasanya dikerjakan?

  1. Penulisan buku mini

Buku mini ini adalah buku yang tebal buku jadinya hanya 100 hingga 120 an halaman. Saya menerima proyek penulisan jenis ini karena menyadari bahwa budget menulis klien saat ini mungkin lebih dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

  1. Penulisan buku biografi

Sejak 2012 saya sudah memulai karir sebagai penulis biografi. Lumayan sudah 8 tahun perjalanan menemani puluhan klien dengan berbagai latarbelakang yang memperkaya pengetahuan saya dengan berbagai bidang yang digeluti.

  1. Menulis sebagai ghost writer

Ghost writer adalah jenis profesi menulis yang saya anggap keren, karena dituntut bisa menghandle sebagian porsi penulisan sesuai bidang klien. Jika penulisan biografi porsi pembahasan untuk bidang klien ini hanya sebagian saja (karena juga membahas sisi kehidupan lainnya), tapi pada saat menjadi ghost writer porsinya utuh (100 %). Jadi mau tidak mau saya harus memahami bidang klien, sekaligus menyajikan tulisan yang enak dibaca dan dipahami orang awam sekalipun.

  1. Sesekali mengerjakan artikel

Sesekali saya juga membantu klien menulis artikel jika memang fee nya cocok. Maklum, bisnis jasa ini kan memang bebas kita menentukan tarifnya, yang penting klien mampu untuk membayar. Karena murah atau mahal itu relatif bagi setiap orang, yang terpenting ada kesepakatan untuk kerjasama yang baik.

Pertanyaan lainnya adalah tentang, “Bagaimana tahapan untuk bisa menjadi penulis freelance?”

BACA JUGA   Kerja dari Rumah, Mengapa Tidak ?

Tahapannya sebenarnya sangat sederhana. Tapi dalam prakteknya memang tidak mudah. Apa saja tahapannya?

  1. Mempunyai passion dan keahlian menulis

Ini adalah syarat utama untuk menjadi penulis freelance. Karena hanya dengan passion lah seseorang akan tetap bertaha pada satu profesi, meskipun saat itu profesi ini kurang menghasilkan.

Menulis ini bukan profesi yang menjanjikan bagi kamu yang mudah menyerah. Karena peluang untuk mendapatkan penghasilan sangatlah sempit, bagi yang kurang tahu pasarnya. Tapi sebaliknya, bagi yang sudah mengetahui pasarnya dimana dan akan kemana, maka profesi menulis ini akan terus berkembang sesuai kebutuhan manusia akan konten tulisan yang tidak pernah selesai bahkan akan terus menerus mendapatkan banyak permintaan.

Jadi, masih ragu untuk meluangkan waktu, tenaga dan biaya untuk belajar menulis ?

  1. Punya blog/ web dan sosial media yang mendukung

Tidak cukup hanya dengan passion dan marketing dari mulut ke mulut saja, karena zaman serba internet seperti saat ini setiap orang membutuhkan media pribadi untuk menjadikannya tempat berpromosi bagi yang membutuhkan jasanya.

Begitu juga dengan seorang penulis freelance. Bagi saya penting sekali untuk memillki minimal satu blog/ web dengan pendukung berbagai kanal sosial media supaya blog/ web nya mudah untuk dikenal sesama pengguna sosial media di seluruh belahan bumi.

  1. Punya kemampuan melakukan marketing jasanya

Skill penting yang mutlak harus dimiliki oleh seorang penulis freelance saat ini adalah kemampuan marketing dan branding jasa penulisannya sendiri. Dengan memiliki skill ini maka blog / web dan sosial media seorang penulis akan lebih muda dikenal dibanding penulis lainnya. Pasti ada pengaruh postif antara pupularitas dengan revenue yang didapatkan seorang penulis, terutama di era serba digital seperti saat ini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

                           PERKENALAN    

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Penulis Konten Perusahaan yang telah berpengalaman selama 10 tahun. 

Sebagai penulis telah membantu 30 + klien personal menyelesaikan penulisan bukunya. Ia bersama tim juga telah menyelesaikan puluhan konten perusahaan, baik berupa laporan (seperti annual report, sustainability report, CSR report) maupun yang berupa buku dokumentasi dan informasi (seperti buku sejarah dan majalah perusahaan)

Atas pencapaiannya maka ia mendapatkan kepercayaan untuk menulis buku sejarah perusahaan (biasanya untuk memperingati ulang tahun perusahaan) yang dibiayai oleh sponsor dengan syarat dan kriteria tertentu.

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, instansi, organisasi, advertising dan yang lainnya untuk menghasilkan buku yang kreatif dan berkualitas dari segi isi dan tampilan.

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0822 3000 3636