Nulis Artikel Dibayar, Bagaimana Caranya?

Nulis Artikel Dibayar, Bagaimana Caranya?

Di artikel ini kamu akan mendapatkan informasi tentang:

  • Apa saja cara mendapatkan penghasilan sebagai penulisan artikel
  • Tips mendapatkan penghasilan lebih cepat dengan menulis artikel
  • Bagaimana cara upgrade skill menulis artikel kita menjadi skill menulis buku.

 

Ok siap, kita bahas satu-satu ya …

Bagimana cara mendapatkan penghasilan dari penulisan artikel?

Ada beberapa cara, diantaranya:

  1. Punya jasa penulisan artikel sendiri

Jasa penulisan artikel mandiri ini bisa dilakukan dengan modal seadanya. Bahkan boleh dibilang gratis, hanya bermodal sosial media saja.

Caranya, kamu bisa mulai masuk ke komunitas penulis yang ada di berbagai sosial media dan menawarkan jasa penulisanmu disana. Atau bisa juga dengan memiliki blog khusus jasa penulisan artikel yang di dalamnya tentu menyertakan fee penulisan yang ditawarkan.

Saat orderan belum banyak, kamu bisa menghandle penulisannya sendiri. Tapi jika orderannya sudah mulai banyak, bisa merekrut beberrapa orang untuk menjadi tim.

 

  1. Menjadi tim Vendor jasa penulisan artikel

Saat kamu sudah berniat menerima jasa penulisan artikel, kadang harus siap dengan kondisi sepi job. Tapi jangan pesimis, masih terbuka lebar kesempatan untuk tetap mendapatkan menghasilan dengan kita sudah punya skill menulis artikel. Bagaimana caranya?

Salahsatunya dengan menjadi tim di vendor jasa penulisan artikel yang tepercaya. Hal ini sudah biasa dalam dunia freelancer. Kadang kita memperkerjakan orang, tapi kadang kita yang bekerja pada orang lain.

Di tahap awal menjadi penulis freelance hal ini umum dilakukan. Saya juga pernah melakukannya. Kami sesama penulis freelance saling bantu. Intinya dari pintu mana saja yang penting mendapatkan rizki yang halal. Setuju?

 

  1. Portal berita besar

Portal berita besar ada sebagian yang memberikan kesempatan menulis bagi para penulis artikel. Sistem fee nya ada dua macam. Ada yang langsung membayar sesuai jumlah kata (dan keyword) yang ditetapkan. Jadi penulis langsung mendapatkan fee nya setelah artikelnya disetujui oleh pihak mereka.

BACA JUGA   Sekilas tentang Iwan Wahyudi Net

Ada juga yang memberikan fee sesuai kualitas artikel, yang biasanya diukur dari banyaknya visitor yang mengunjungi artikel tersebut. Jadi prosesnya penulis mengirimkan tulisannya, setelah disetujui maka akan di posting di portal berita mereka. Nanti penulis mendapatkan akses untuk melihat berapa orang yang sudah mengunjungi artikel yang ditulisnya. Jadi setiap saat ia bisa tahu berapa perkiraan penghasilan yang akan didapatkan dari setiap artikelnya.

 

  1. Portal freelance

Ada banyak portal freelance yang menajadi pihak ketiga menghubungkan antara para freelancer dengan pengguna jasa. Biasanya yang disediakan ada berbagai macam, mulai pembuatan desain, logo hingga penulisan artikel.

Nah, biasanya di portal freelance ini fee yang didapatkan lebih besar lagi tiga alternatif diatas. Tapi memang pesaingnya lebih banyak dan berkualitas. Maka bagi yang bisa eksis disini, maka ceruk pasarnya sudah jelas. Apalagi jika sudah mendapatkan level tertentu karena setiap job yang dikerjakan mendapatkan apresiasi yang bagus dari pengguna jasanya.

 

Bagaimana cara mendapatkan penghasilan yang lebih cepat dengan menulis artikel?

No 1 lebih cepat dari nomor 2 dan seterusnya. Tapi no 4 biasanya fee nya lebih besar. Tapi ini tidak bisa menjadi patokan, karena masih ada juga penulis buku yang mau menerima penulisan untuk artikel yang fee nya tentu lebih mahal dari fee penulis artikel biasa.

 

Bagaimana cara upgrade skill menulis artikel kita menjadi skill menulis buku?

Caranya dengan berlatih menulis artikel bersambung. Cobalah untuk menulis beberapa artikel yang saling berhubungan satu sama lain. Misal awalnya untuk 2 atau tiga hingga ditingkatkan lagi menjadi 5 sampai 8 artikel.

Apa gunanya?

Ini adalah latihan menulis satu bab dalam penulisan buku. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa dalam satu buku ada beberapa bab. Dan dalam beberapa bab ada beberapa judul (sub bab).

BACA JUGA   2 Sumber Utama Penghasilan Seorang Penulis

Dengan kita terlatih menulis satu bab, nanti tidak menutup kemungkinan kita bisa menulis satu buku bukan?

Nah, kamu perlu mencobanya ya !

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Content Strategist yang mulai banyak dikenal di Indonesia. 

Sebagai penulis biografi dan ghost writer telah membantu 20 an klien menyelesaikan penulisan bukunya. 

Sebagai content strategis bukan hanya menjadikan situs yang dikelola banyak dikenal oleh klien, tapi juga dengan itu ia dapat membantu penulis profesional lainya dalam mendapatkan klien sesuai kapasitasnya. 

Kini ia mulai merintis self publihing dengan harapan bisa membantu klien mulai dari penulisan konten buku, pewajahan hingga cetak buku sesuai budget yang disediakan oleh setiap klien. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, agency desain, advertising dan yang lainnya untuk tetap memberikan konten yang kreatif dan berkualitas. 

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0857 1149 4600