Penghasilan Penulis dari Fee Penulisan

Penghasilan Penulis dari Fee Penulisan

Selain mendapatkan penghasilan dari royalty penulisan buku. Sumber penghasilan penulis lainnya yang tidak kalah menarik adalah dari fee penulisan dari klien yang memakai jasanya.

Berapa besarnya?

Bervariasi. Mulai di angka 5 jutaan hingga belasan, puluhan bahkan ratusan juta.

Kenapa bisa ada variasi fee yang sangat tinggi perbedaannya?

Karena tingkat kesulitan yang berbeda pastinya. Misalnya untuk penulisan perusahaan kecil, tidak bisa disamakan dengan perusahaan multinasional. Begitu juga penulisan tokoh lokal, tidak bisa disamakan dengan penulisan tokoh nasional.

Tapi semua ini juga disesuaikan dengan kemampuan menulis kita. Semakin baik, tentu biayanya semakin mahal.

 

Facebook Comments
BACA JUGA   Bagaimana Cara Menjadi Penulis Freelance?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

                           PERKENALAN    

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Penulis Konten Perusahaan yang telah berpengalaman selama 10 tahun. 

Sebagai penulis telah membantu 30 + klien personal menyelesaikan penulisan bukunya. Ia bersama tim juga telah menyelesaikan puluhan konten perusahaan, baik berupa laporan (seperti annual report, sustainability report, CSR report) maupun yang berupa buku dokumentasi dan informasi (seperti buku sejarah dan majalah perusahaan)

Atas pencapaiannya maka ia mendapatkan kepercayaan untuk menulis buku sejarah perusahaan (biasanya untuk memperingati ulang tahun perusahaan) yang dibiayai oleh sponsor dengan syarat dan kriteria tertentu.

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, instansi, organisasi, advertising dan yang lainnya untuk menghasilkan buku yang kreatif dan berkualitas dari segi isi dan tampilan.

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0822 3000 3636