Skill Pendukung Penulis untuk Survive

Skill Pendukung Penulis untuk Survive

Selain menulis, seorang penulis membutuhkan skill yang lainnya. Misalnya blogging dan internet marketing. Karena karena skill tambahan ini tidak sedikit orang yang awalnya punya niat yang kuat untuk menjadi penulis, akhirnya mengurungkan niatnya itu.

Apa penyebabnya?

Tentu alasannya karena menulis dianggap bukan profesi yang menjanjikan. Padahal jika kita mau bersabar menekuni profesi ini, sebenarnya mempunyai skill menulis adalah anugerah yang besar yang bisa menghasilkan uang kapan pun.

Biasanya mereka yang “tidak sabar” menjalani profesi sebagai penulis adalah yang merasa tidak segera mendapatkan penghasilan yang besar dari menulis.

Jangan khawatir, saya juga merpah merasakannya. Awal saya menjalani proses menjadi penulis saya masih menjadi staf di sebuah yayasan. Singkatnya saat itu saya masih menjadi karyawan. Setelah berjalan 5 tahun, saya tetap sebagai penulis freelane, bedanya adalah profesi sampingannya adalah menjadi pebisnis online.

Dari bisnis online ini jujur saya hingga mendapatkan penghasilan rutin lebih besar dari menulis, tapi saya tetap tidak meninggalkan profesi menulis. Semua bisa berjalan; tetap menerima jasa penulisan buku dan marketing buku ensiklopedia dari sebuah penerbit.

Skill lain selain menulis ini saya anggap penting. Apalagi zaman sekarang semuanya serba online. Dengan kita memahami tentang hal itu tentu juga menjadi nilai lebih selain hanya punya skill menulis. Bahkan dengan itu kita juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Saran saya, ambillah profesi apa saja, tapi saat kita sudah pernah menjadi penulis, jangan pernah meninggalkannya. Caranya, kita harus terus meningkatkan skill menulis kita, sembari belajar ilmu dan pengetahuan baru, misalnya tentang blogging dan internet marketing.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Content Strategist yang mulai banyak dikenal di Indonesia. 

Sebagai penulis biografi dan ghost writer telah membantu 20 an klien menyelesaikan penulisan bukunya. 

Sebagai content strategis bukan hanya menjadikan situs yang dikelola banyak dikenal oleh klien, tapi juga dengan itu ia dapat membantu penulis profesional lainya dalam mendapatkan klien sesuai kapasitasnya. 

Kini ia mulai merintis self publihing dengan harapan bisa membantu klien mulai dari penulisan konten buku, pewajahan hingga cetak buku sesuai budget yang disediakan oleh setiap klien. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, agency desain, advertising dan yang lainnya untuk tetap memberikan konten yang kreatif dan berkualitas. 

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0857 1149 4600