Tips, Motivasi dan Panduan Menulis ala Iwan Wahyudi

Tips, Motivasi dan Panduan Menulis ala Iwan Wahyudi

Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Lho kok, kalimat pertama nulis apa yang biasa kita katakan saat datang pada suatu acara? He…. iya karena saya termasuk terlambat nulis artikel ini yang Insaa Allah bisa merangkum; apa saja sih yang akan bahas pada blog sederhana yang dibangun dengan niat nulis santai saja ini?

Blog ini dibuat karena ingin membidik nama domain sesuai nama saya. Ya, se simpel itu alasannya, meskipun sebelum ada blog ini jumlah blog yang punya sudah belasan. Lumayan banyak kan? Tapi percaya lah semua blog itu dibangun bukan hanya dengan niche yang berbeda tapi jika boleh saya katakan setiap blog itu nichenya sangat spesifik.

Ibarat niche makanan, maka blog yang saya bangun bukan hanya berisi tentang semua makanan, tapi setiap blog ini sangat spesifik, jadi misal contoh untuk makanan, maka saya buat etia blog itu lebih khusus, misalnya makanan dengan bahan dasar ikan, daging ayam, sapi/ kambing, kedelai, dll. Jadi memang sangat spesifik sekali.

Karena itulah blog ini saya buat dengan bahasa yang lebih santai dengan harapan mudah dipahami oleh pengunjung. Tapi dengan berjalannya waktu saya pikir kurang efisien jika saya hanya asal punya blog dengan tanpa ada tujuannya, maka mulai terpikir untuk menjadikan blog ini khusus untuk berbagi tips, motivasi dan panduan menulis yang pernah saya pelajari.

Karena sasaran pengunjung blog ini adalah siapa aja yang punya minat menulis buku, maka supaya lebih mudah dipahami juga maka saya buatkan akun instagramnya, karena memang sebagian orang lebih tertarik jika disajikan secara visual dibanding bentuk tulisan panjang seperti ini. Maka jadilah sebuah akun yang isinya membahas tentang tiga hal tadi.

 

Tips Menulis ala Iwan Wahyudi

Tips menulis yang saya berikan ini biasanya berdasarkan yang sudah pernah saya lakukan. Jadi memang mungkin sebagian dari kita sudah pernah menerima/ mendapatkannya. Tapi saya yakin bisa jadi yang saya sampaikan ini lebih mudah dipahami / sebaliknya. Jadi tidak ada salahnya jika kamu tetap stay tune di blog ini atau akun ig nya.

BACA JUGA   Menulis Saja Nanti Pasti Ada Pasarnya

Tips menulis ini sebenarnya ada banyak sekali, tapi yang saya tulis adalah yang paling saya ingat, selanjutnya untuk yang lain kamu boleh menanyakan langsung dengan komentar di setiap postingan yang saya tulis.

Untuk komentar ini juga saya sudah permudah dengan bisa komentar via akun Fb. Pertimbangannya tentu saja karena tidak semua orang punya blog, tapi hampir setiap orang yang punya smartphone punya akun Fb. Jadi silahkan komentar pada postingan yang saya buat ya, supaya lelah saya menulis artikel di blog ini tidak sia-sia. He….

Panduan Menulis ala Iwan Wahyudi

Motivasi Menulis ala Iwan Wahyudi

Motivasi menulis yang ada biasanya saya ambil dari quote penulis-penulis kenamaan, baik dari dalam dan luar negeri. Ini penting untuk membangun semangat menulis supaya tetap terjaga. Sesekali juga dari saya, yang dalam proses belajar sambil berprofesi sebagai penulis dan penyedia jasa penulisan di Indonesia.

Motivasi ini sangat penting, apalagi bagi mereka yang “putu asa” sebagai penulis yang biasanya penyebabnya sangat banyak. Tapi dari sekian banyak alasan yang ada ini sepengetahuan saya adalah karena menganggap profesi menulis ini kurang menjanjikan, karena tidak bisa menghasilkan income yang tetap dan langgeng.

Ada juga sebagian yang lain pernah mendapatkan penghasilan dari menulis, tapi tidak rutin, karena mungkin penghasilan itu dari royalty penulisan bukunya yang besarnya tidak seberapa karena bukunya kurang laku.

Karena itulah nanti saya coba jelaskan bagaimana mendapatkan penghasilan sebagai writerpreneur atau pengusaha tulisan, maksudnya adalah bagaimana dengan skill menulis kita ini menjadi sumber penghasilan yang tidak ada habisnya, tentu sebelumnya kamu harus punya pengalaman menulis lebih dulu.

Banyak yang mengatakan bahwa menjadi writerpreneur itu susah, tapi Alhamdulillah saya sudah menjalaninya selama hampir 6 tahun, setelah sebelumnya bekerja pada perusahaan jasa writerpreneur penulisan biografi selama 2 tahun. Alhamdulillah hingga saat ini profesi ini tetap menjadi profesi utama saya.

BACA JUGA   Menulis dari Sesuatu yang Paling Diketahui dan Dirasakan

Panduan Menulis ala Iwan Wahyudi

Jangan pernah alergi dengan orang jualan. Kenapa saya mengatakan demikian? Karena untuk panduan menulis ini saya nanti akan jualan buku. He….

Kenapa tidak ditulis semuanya di blog? Jawabannya supaya panduan ini bisa dibaca berulang-ulang supaya kamu mudah menggunakannya, terutama saat lupa dan dalam proses penulisan buku klien.

Buku yang saya buat juga nantinya akan dijual dengan harga terjangkau, dengan harapan banyak yang terbantu dengan terbitan buku-buku panduan penulisan saya. Saya juga akan terbuka dengan masukan dari kamu-kamu semua yang membutuhkan tambahan pembahasan pada buku, tentunya agar buku yang saya terbitkan ini nantinya benar-benar bermanfaat. Tapi tentu untuk trebitan pertama semuanya murni dari sharing saya dari beberapa pengalaman menulis buku.

Untuk berapa jumlah buku yang akan saya terbitkan, nanti menyesuaikan kebutuhan kamu semua ya, yang pasti akan dibuatkan komunitas untuk sharing tentang buku-buku yang sudah kamu beli. Jadi saya tidak hanya menjual buku, tapi harus tahu apa sih yang kira-kira bisa diambil dari setiap penerbitan buku itu.

Semoga semua dilancarkan sehingga apa yang menjadi keinginan saya, sharing tips, motivasi dan panduan menulis ini bisa berjalan lancar, setidaknya banyak yang mendapatkan insight baru tentang cara mendapatkan uang sebagai penulis di zaman yang segala sesuatunya bisa didelegasikan seperti saat ini.

Tips Menulis ala Iwan Wahyudi

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Content Strategist yang mulai banyak dikenal di Indonesia. 

Sebagai penulis biografi dan ghost writer telah membantu 20 an klien menyelesaikan penulisan bukunya. 

Sebagai content strategis bukan hanya menjadikan situs yang dikelola banyak dikenal oleh klien, tapi juga dengan itu ia dapat membantu penulis profesional lainya dalam mendapatkan klien sesuai kapasitasnya. 

Kini ia mulai merintis self publihing dengan harapan bisa membantu klien mulai dari penulisan konten buku, pewajahan hingga cetak buku sesuai budget yang disediakan oleh setiap klien. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, agency desain, advertising dan yang lainnya untuk tetap memberikan konten yang kreatif dan berkualitas. 

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0857 1149 4600