Tips Seorang Freelancer Mendapatkan Penghasilan Rutin Setiap Bulan

Tips Seorang Freelancer Mendapatkan Penghasilan Rutin Setiap Bulan

Pembahasan kita saat ini adalah tentang Tips Seorang Freelancer Mendapatkan Penghasilan Rutin Setiap Bulan. Pembahasan ini penting bagi kamu yang ingin menjadi freelancer di bidang apapun. Sebagai freelancer adalah pillihan bagi banyak orang, karena bisa dilakukan sebagai sampingan, bahkan sebagai kerja utama.

Tapi memang kenyataannya sebagai freelancer tidaklah mudah. Sebagaimana potensi penghasilannya yang besar, banyak yang mengatakan bahwa tantangan dan tuntutannya juga besar. Apakah benar? Untuk menjawab ini semua, maka saya mencoba menulis artikel ini. Tidak lupa saya juga menambahkan bagaimana tips-tips yang harus dilakukan oleh seorang freelancer supaya ia bisa mendapatkan penghasilan rutin setiap bulannya.

Ok, bisa dimulai ya?

Pertama, kita bahas dulu “pahitnya.” Ya, bagi sebagian orang ini adalah hal pahit sebagai freelancer. Bahkan bagi sebagian yang lain, ini menjadi alasan mengapa mereka enggan untuk menjadi seorang freelancer. Semua itu berangkat dari pertanyaan,

Apa tantangan seorang freelancer?

Tantangannya sebagai seorang freelancer adalah:

  • Dituntut untuk selalu kreatif

Kreatif adalah sifat yang menuntut kita untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan bermanfaat. Tentu untuk menjadi seorang yang kreatif tidaklah mudah. Karena itu tidak semua orang mau melakukannya. Mereka bisa jadi rela melakukan hal-hal yang sama setiap harinya dengan hasil yang jelas.

  • Income yang tidak rutin setiap bulannya

Nah, ini adalah alasan utama bagi mereka yang enggan untuk menjadi seorang freelancer. Ya, tidak adanya kepastian penghasilan, sedangkan tuntutan pengeluaran untuk berbagai kebutuhan hidup terus bertambah. Menakutkan ya? Iya, bagi sebagian orang.

  • Sulit mendapatkan klien

Ini adalah alasan bagi mereka yang pernah menjadi freelancer, lalu meninggalkannya. Apa salah? Tidak, setiap manusia berhal atas pilihannya masing-masing. Termasuk saat ia harus memutuskan meninggalkan pekerjaannya sebagai seorang freelancer.

 

Diatas tadi adalah penyebab mengapa sebagian orang enggan menjadi freelancer. Supaya adil, selanjutnya saya bahas mengapa sebagian orang yang lain masih mau melakukannya.

BACA JUGA   Kerja dari Rumah sebagai Penulis Freelance: Jenis Penulisan dan Tahapan Menjadi Penulis Freelance

Ternyata dibalik “tidak jelas”nya pekerjaan dan penghasilan seorang freelancer yang dikatakan sebagian orang, ada daya tarik bagi sebagian orang lainnya untuk mereka tetap melakukannya. Apa saja daya tarik itu?

Keuntungan seorang freelancer adalah:

  • Kerja lebih fleksibel

Bekerja seorang freelancer bisa dilakukan dengan fkelsibel; kapan saja dan dimana saja. Yang terpenting adalah harus ada alokasi waktu yang jelas, dimana kita bisa nyaman bekerja dan menyelesaikannya sesuai dateline. Klien tentu lebih suka jika kita bisa menyelesaikannya tepat waktu (jauh hari dari dateline, sehingga ada waktu waktu yang cukup untuk revisi / editing proyek).

  • Income bisa ditentukan sendiri

Menariknya sebagai seorang freelancer kita bisa menentukan sendiri penghasilan kita. misalnya kita bisa mendapatkan penghasilan mulai dari proyek dengan fee kecil, menengah hingga yang besar.

Kita juga bisa mendapatkannya dari satu atau beberapa pihak. Kita bebas menentukan, yang terpenting adalah setiap klien dan proyek ada karakteristik dan tingkat kesulitannya sendiri. Kita harus memahami hal itu, sehingga bisa mengukur sejauh mana kemampuan kita.

 

Bagaimana tips seorang freelancer tetap berpenghasilan rutin setiap bulan?

  • Punya database klien dan calon klien yang diperoleh dari blog / web dan akun sosial media baik dengan cara organik atau beriklan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa database sangat penting untuk hal apapun saat ini. dengan database yang tertarget, kita bisa lebih mudah  mendapatkan klien yang sesuai. Apalagi ditambah dengan jumlahnya yang banyak, ini akan memudahkan kita untuk mendapatkan calon klien selanjutnya.

  • Rutin mempromosikan jasanya dengan cara yang menarik, sehingga ada peluang untuk terus mendapatkan klien

Kadang kita lupa, bahwa dengan menyantumkan alamat blog kita, semakin banyak orang yang akan mengenalnya. Bahkan nama kita akan diidentikkan dengan nama blog. Karena itu tidak jarang jika sebagian orang memakai namanya untuk nama blognya. Tapi sebagian yang lain memilih nama blog yang lebih mudah diingat.

BACA JUGA   Syarat Menjadi Penulis adalah Mengalokasikan Waktu Khusus Menulis

Menulis postingan di sosial media juga bisa menjadi pilihan untuk berpromosi dengan organik. Atau kamu juga bisa melakukan promosi berbayar jika memang sudah menguasai tehniknya. Semua hal yang berkaitan dengan promosi bisa dilakukan sepanjang targetnya terukur; biaya, jangkauan dan kemampuan kita saat mendapatkan setiap projek freelance yang kita tawarkan.

 

  • Selalu mengikuti perkembangan zaman. Bisa menjual jasanya sesuai platform yang sedang disukai saat ini

Ini adalah harga mati bagi seorang freelancer. Tidak bisa ditawar ! karena zaman akan terus berkembang dengan semua pilihan tetap pada klien. Jadi, sosial media apa yang banyak digunakan klien, disanalah kita banyak  mempromosikan jasa kita.

  • Selalu mencari peluang baru dengan standar income lebih besar dan kerja lebih fleksibel

Sudah menjadi kewajaran bagi setiap orang untuk menginginkan pekerjaan yang bisa mendapatkan income lebih besar, dengan beban pekerjaan lebih ringan. Begitu juga dengan seorang freelancer, dengan adanya pengalaman mengerjakan projek selama beberapa tahun, tentu fee yang didapatkan sesuai portofio akan bertambah, sedangkan beban untuk mengerjakannya berkurang. Apalagi jika kamu mempunyai tim yang bisa mengerjakan beberapa hal teknis, sehingga kamu bisa lebih fokus untuk branding dan memperluas jaringan untuk kemajuan usaha freelance mu.

Sementara sampai disini pembahasan kita tentang segala hal yang berkaitan dengan seorang freelancer; tantangan, kelebihan dan tips mendapatkan kliennya. Artikel ini akan terus bertambah sesuai dengan bertambahnya informasi yang dibutuuhkan dalam pembahasan ini. Semoga bermanfaat, cukup sekian pembahasan kita kali ini tentang Tips Seorang Freelancer Mendapatkan Penghasilan Rutin Setiap Bulan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

                           PERKENALAN    

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Penulis Konten Perusahaan yang telah berpengalaman selama 10 tahun. 

Sebagai penulis telah membantu 30 + klien personal menyelesaikan penulisan bukunya. Ia bersama tim juga telah menyelesaikan puluhan konten perusahaan, baik berupa laporan (seperti annual report, sustainability report, CSR report) maupun yang berupa buku dokumentasi dan informasi (seperti buku sejarah dan majalah perusahaan)

Atas pencapaiannya maka ia mendapatkan kepercayaan untuk menulis buku sejarah perusahaan (biasanya untuk memperingati ulang tahun perusahaan) yang dibiayai oleh sponsor dengan syarat dan kriteria tertentu.

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, instansi, organisasi, advertising dan yang lainnya untuk menghasilkan buku yang kreatif dan berkualitas dari segi isi dan tampilan.

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0822 3000 3636