Apakah Kaki Kucing yang Pincang Bisa Sembuh Sendiri ? Simak Selengkapnya

apakah kaki kucing yang pincang bisa sembuh sendiri

IwanWahyudi.net – Banyak yang bertanya apakah kaki kucing yang pincang bisa sembuh sendiri. Kaki kucing yang pincang tentu saja akan menghambat dan mengganggu kucing saat bergerak. Hal ini juga dapat membuat pemilik kucing merasa kasihan dengan kondisi yang demikian.

Ternyata kaki kucing yang pincang ini bukanlah sebuah penyakit tetapi karena adanya gangguan pada sistem muskuloskeletal. Secara umum hal tersebut tentu tidak bisa sembuh dengan sendirinya tanpa bantuan manusia. Maka berikut ini gejala yang menjadi penyebab mengapa kaki kucing bisa pincang:

Kenali Penyebab Kaki Kucing Pincang

Sebelum membahas apakah kaki kucing yang pincang bisa sembuh sendiri ada baiknya kenali penyebabnya. Karena kini terdapat berbagai hal yang bisa menjadi penyebab mengapa kaki kucing menjadi pincang. Misalnya saja disebabkan karena adanya keseleo atau berbagai kecelakaan ringan lain.

Selain itu ternyata berbagai permasalahan karena kaki pincang ini juga dapat menyebabkan berbagai permasalahan lain pada kucing. Diantaranya berpengaruh pada organ lainnya termasuk pencernaan serta peredaran darah. Maka dari itu jangan lupa kenali berbagai gejala penyebab kucing pincang seperti berikut:

1. Cedera Jaringan Lunak

Dijelaskan jika kaki pincang pada kucing bisa disebabkan karena terjadinya kecelakaan tingkat ringan. Hal ini akan mengakibatkan cedera pada jaringan lunak otot kucing. Misalnya saja terjadi permasalahan pada bagian ligamen yang menyebabkan adanya memar.

Lalu untuk menjawab apakah kaki kucing yang pincang bisa sembuh sendiri ini Jawabannya adalah tidak. Agar mengetahui apa tindakan yang tepat sebaiknya pecinta kucing menyerahkan ini pada pihak terkait. Tentunya yang lebih berpengalaman di bidangnya misalnya dokter hewan.

2. Terdapat Luka

Ternyata luka bisa menjadi penyebab kaki kucing jadi pincang. Maka dari itu untuk menjawab pertanyaan apakah kaki kucing yang pincang bisa sembuh sendiri adalah melihat apa luka yang ada. Terkadang luka disebabkan karena adanya sayatan serta berbagai benda asing.

Misalnya saja akibat terjadinya perkelahian dengan kucing lain. Sehingga menimbulkan luka atau bisa juga disebabkan karena adanya luka tusukan lalu menyebabkan infeksi. Maka hal itu perlu pemeriksaan lebih lanjut mengenai luka yang terdapat pada kucing.

3. Penyakit Sendi

Berikutnya yang menjadi penyebab mengapa kaki kucing terlihat pincang adalah karena adanya permasalahan atau penyakit sendi. Hal ini biasa dikenal dengan istilah peradangan kronis atau osteoarthritis. Gejala tersebut lebih sering menyerang kucing dengan usia yang cukup tua atau dewasa.

Hal ini dikarenakan kucing yang usia jauh lebih tua biasanya lebih cenderung beristirahat dan mengurangi aktivitas fisik. Berbagai ciri lain yang bisa diperhatikan adalah kucing yang terlihat bergerak secara kaku. Serta juga bulu yang tidak terawat dan kesulitan dalam membersihkan diri.

4. Kelumpuhan

Alasan berikutnya kucing terlihat pincang adalah karena terjadinya kelumpuhan secara mendadak pada bagian kaki belakang. Biasanya kondisi yang demikian disebabkan karena adanya pembekuan darah pada arteri aorta. Akibatnya suplai darah pada kaki belakang pada kucing menjadi berkurang.

Ini menjadi alasan terbesar mengapa kucing mengalami kelumpuhan secara mendadak pada bagian kaki belakang. Kondisi yang demikian biasanya juga dikenal dengan istilah tromboemboli aorta. Sebagai pecinta kucing jangan sampai menyepelekan hal-hal tersebut.

Pengobatan Kucing Pincang

Melihat berbagai penyebab sehingga kaki kucing menjadi pincang. Maka sebaiknya butuh penanganan lebih lanjut pecinta hewan atau pemilik kucing harus segera membawa pada dokter hewan. Agar segera mendiagnosa apa yang menjadi penyebabnya, sehingga penanganan yang lebih tepat juga akan menyelamatkan kucing.

Selain itu dokter hewan pasti akan lebih mudah untuk melihat dimana lokasi kaki kucing pincang. Yaitu dengan melakukan pengamatan langsung dengan melihat kondisi kucing. Terkadang pada beberapa kondisi khusus dokter memerlukan pemeriksaan dengan bantuan sinar X untuk mengetahui penyebab penyakit.

Itulah berbagai penjelasan terkait apakah kaki kucing yang pincang bisa sembuh sendiri. Secara umum hal ini sangat jarang terjadi karena butuh bantuan tangan ahli. Selain itu dengan menyerahkan pada dokter hewan tentu akan membuat penyembuhan kucing menjadi lebih cepat.

Serta juga membuat kucing tidak akan menahan rasa sakit terlalu lama. Tidak masalah jika harus mengeluarkan sedikit dana asalkan kucing kesayangan bisa kembali bergerak aktif. Demikian ulasan mengenai kaki kucing yang pincang apakah bisa sembuh kembali ini dapat memberikan pengetahuan bagi para pecinta kucing.

 

 

Pengunjung juga mencari:

  • cara menulis biografi teman

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *