Cara Mendirikan Jasa Penulisan dengan Modal 300 Ribu Rupiah

Cara Mendirikan Jasa Penulisan dengan Modal 300 Ribu Rupiah

Pembahasan kita kali ini adalah tentang Cara Mendirikan Jasa Penulisan dengan Modal 300 Ribu Rupiah. Pembasan ini penting bagi kamu yang ingin memiliki jasa penulisan sendiri. jadi, tidak ada salahnya jika kamu membaca artikel sederhana ini untuk mendapatkan pandangan tentang minimnya modal yang harus dikeluarkan untuk jasa penulisan online seperti yang saya miliki.

Sebelumnya, kamu harus menyadari, bahwa jasa penulisan ini termasuk pada usaha kreatif di bidang jasa. Jadi, karena ini usaha kreatif, maka sebenarnya masalahnya memang bukan pada biaya yang dibutuhkan untuk memulai usaha, tapi intinya adalah pada daya juang kita sehingga bisa menjadikan jasa penulisan yang kita miliki punya daya saing dengan yang lainnya. Meski tentunya silaturahim dengan sesama penulis dan pemilik jasa penulisan harus tetap dijaga.

Karena itu dalam artikel ini saya akan membahas tentang bagaimana perjuangan saya memulai jasa penulisan dengan modal awal sebuah blog dengan biaya hanya 300 ribu rupiah pada 7 tahun yang lalu. Ingat, biaya 300 ribu itu untuk 7 tahun lalu. Tapi jika kamu berminat untuk membuat blog yang layak untuk menawarkan jasa yang kamu punya, saya kira untuk awal memulai saat ini cukup dengan biaya 600 ribu saja (dengan asumsi traffic blog masih belum banyak).

Ok, saya akan mulai pembahasan ini dari awal hingga sampai jasa penulisan saya berjalan.

Dulu, sekitar tahun 2013, saya punya satu blog, yang awalnya hanya berisi proses saya belajar menulis (yang awalnya boleh dibilang saya belajar mengedit, sebagai editor di sebuah penerbit di Jakarta). Selanjutnya saya membantu (sebagai asisten) penulis biografi yang tugasnya bukan hanya mengumpulkan bahan penulisan, tapi juga ikut saat proses wawancara dengan klien. Saya juga mendapat kesempatan untuk menulis buku.

BACA JUGA   Cara Menulis Artikel dan Buku Kreatif, Cara Menjadi Penulis Kreatif, Siapa yang Membutuhkan Penulis Kreatif ?

Berangkat dari proses belajar inilah saya selanjutnya mulai mencoba untuk membuat jasa penulisan sendiri, meski boleh saya katakan bahwa untuk memulai sesuatu yang baru ini sangat berat. Bukan hanya dalam mencari klien, tapi dalam segi penghasilan juga jauh dibanding yang telah saya terima sebagai asisten penulis biografi.

Tapi memang saat itu niat saya sudah bulat. Saya ingin mempunyai jasa penulisan sendiri. Karena itu semua tantangan yang ada saya hadapi saja dengan tenang, dengan tetap punya impian ke depannya saya bisa punya jasa penulisan yang eksis sebagaimana penulis yang telah mengajari saya menulis biografi selama 2 tahun.

Bagaimana Cara Mendirikan Jasa Penulisan dengan Modal 300 Ribu Rupiah sebagaimana yang saya lakukan saat itu?

Awalnya saya menyediakan semua layanan jasa penulisan, mulai artikel hingga buku dengan fee penulisan yang beragam. Tapi intinya memang fee nya jauh saat saya menjadi asisten penulisan buku biografi sebelumnya.

Tapi ini hanya berjalan sekitar 1 tahun saja, karena saat saya sudah mempunyai portofolio, biaya untuk setiap jasa penulisan yang saya tawarkan bisa sesuai dengan yang saya mau.

Memang jasa penulisan saya saat ini masih belum besar sebagaimana yang dimiliki penulis senior lainnya, tapi bisa tetap eksis hingga saat ini sudah merupakan kesyukuran untuk saya.

Sebagai wujud rasa terima kasih saya kepada Allah yang telah memberikan saya kesempatan saya untuk terus berkarya dan membantu klien penulisan, maka saya sengaja membuat chanel youtube untuk tujuan berbagi sedikit ilmu dan pengalaman yang saya punya. Dengan nama yang sama dengan blog ini, Iwan Wahyudi Net, chanel ini dibuat untuk memotivasi teman-teman penulis muda bahwa profesi penulis adalah profesi yang menjanjikan.

BACA JUGA   Menulis Saja Nanti Pasti Ada Pasarnya

Artikel ini akan terus bertambah, sesuai dengan kebutuhan informasi yang ada di dalamnya. Jadi, jangan ragu untuk selalu mengunjungi blog kami ini. Mungkin cukup sekian pembahasan kita kali ini tentang Cara Mendirikan Jasa Penulisan dengan Modal 300 Ribu Rupiah.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

                           PERKENALAN    

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Penulis Konten Perusahaan yang telah berpengalaman selama 10 tahun. 

Sebagai penulis telah membantu 30 + klien personal menyelesaikan penulisan bukunya. Ia bersama tim juga telah menyelesaikan puluhan konten perusahaan, baik berupa laporan (seperti annual report, sustainability report, CSR report) maupun yang berupa buku dokumentasi dan informasi (seperti buku sejarah dan majalah perusahaan)

Atas pencapaiannya maka ia mendapatkan kepercayaan untuk menulis buku sejarah perusahaan (biasanya untuk memperingati ulang tahun perusahaan) yang dibiayai oleh sponsor dengan syarat dan kriteria tertentu.

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, instansi, organisasi, advertising dan yang lainnya untuk menghasilkan buku yang kreatif dan berkualitas dari segi isi dan tampilan.

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0822 3000 3636