8 Cara Menggemukkan Kucing Kampung Secara Efektif Dan Dijamin Berhasil

cara menggemukkan kucing kampung

IwanWahyudi.net – Mungkin sering melihat kucing kampung dengan tubuh kurus dan bulu yang tidak lebat sehingga kurang menarik minat untuk memeliharanya. Namun sebenarnya terdapat banyak cara untuk menambah berat tubuh kucing peliharaan.

Cara Menggemukkan Kucing Kampung Secara Efektif

Berikut cara menggemukkan kucing kampung, antara lain:

1. Beri Makan Dengan Kandungan Protein Tinggi

Cara menggemukkan kucing kampung yang pertama ialah memberikan makanan dengan yang mengandung protein tinggi.  Protein sendiri mampu menambah massa otot dan berat badan sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Tambahkan ikan, daging, hingga kuning telur ke dalam makannya. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, bisa melakukan hal tersebut rutin 2-3 kali dalam seminggu. Selain itu, bisa juga menambahkan dry food ke dalam makanannya.

2. Sesuaikan Makanan Dengan Kebutuhan Kucing

Selin memberikan makanan berprotein tinggi, sangat penting juga untuk menyesuaikan makanan dengan kebutuhan kucing itu sendiri. Gantilah makanan secara bervariasi mengikuti kebutuhan dari kucing tersebut sehingga gizinya tetap terpenuhi.

Dengan pemberian makanan yang variatif akan membuat kucing tidak mudah bosan. Dengan demikian maka akan membuat nafsu makannya pun terjaga. Kucing akan selalu bersemangat setiap kali makan dengan menu yang berbeda-beda.

3. Berikan Vitamin Dan Vaksin

Cara menggemukkan kucing kampung berikutnya ialah memberikan vitamin dan vaksin. Vitamin memiliki peran yang penting untuk menggemukkan badan. Berikan vitamin berupa minyak ikan. Vitamin tersebut sangat baik  untuk  membantu meningkatkan nafsu makan kucing.

Selain itu disarankan juga untuk memberikan vaksin pada kucing kesayangan. Tujuannya yaitu untuk menjaga kesehatan kucing. Kucing yang sudah divaksin akan membantu meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu kucing juga tidak akan mudah terserang virus yang menyebabkan penyakit berbahaya.

4. Berikan Makan Setelah Lelah Bermain

Bermain menjadi hal yang menyenangkan bagi kucing akan mampu membuatnya aktif bergerak dan menjaga moodnya agar tidak stress. Cara menggemukkan kucing kampung berikutnya yaitu jangan lupa memberikan makan setelah kucing lelah bermain.

Makan setelah bermain akan membantunya lebih mudah diserap oleh tubuh kucing. Selain itu, kucing juga akan menjadi lebih semangat untuk makan setelah lelah bermain. Setelah energinya habis tentu akan menjadi lebih mudah merasa lapar sehingga disarankan untuk memberikan makan.

5. Berikan Susu Khusus

Kandungan protein pada susu juga sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan massa otot. Namun meskipun demikian tetap disarankan untuk berhati-hati dalam memilih susu yang tepat bagi kucing peliharaan. Usahakan untuk tidak memberikan susu sapi karena kandungan proteinnya sulit dicerna kucing.

6. Batasi Waktu Bermain Kucing

Cara menggemukkan kucing kampung  yang tidak kalah penting yaitu membatasi waktu bermainnya. Seperti diketahui, terlalu banyak bergerak dan bermain akan membuat kelelahan dan membakar kalori dalam jumlah yang banyak.

Apabila kondisi tersebut tidak diimbangi dengan nafsu makannya yang banyak tentu akan membuatnya semakin susah untuk gemuk. Berikan waktu bermain yang terjadwal sehingga kucing bisa menyesuaikan diri.

7. Pastikan Kucing Dalam Kondisi Mood Yang Baik

Mungkin banyak yang belum paham mengapa mood sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh kucing. Tentu hal ini sangat berkaitan satu sama lain. Biasanya kucing yang stress akan mudah terserang penyakit dan menyebabkan nafsu makan menurun.

Oleh karena itulah, cara menggemukkan kucing kampung dengan memastikan kondisi moodnya dalam keadaan baik menjadi hal yang sangat penting. Pastikan kucing berada di lingkungan yang nyaman dan bisa melakukan berbagai aktivitas yang diinginkan.

8. Cek Kesehatan Kucing

Banyak anggapan bahwa gemuk belum tentu sehat begitu juga sebaliknya. Dan hal tersebut tentu sangat tepat. Setiap kali menambah asupan makanan dan minuman pada kucing, tetap harus memastikan bahwa akan membuat tubuhnya tetap sehat.

Jangan lupa untuk mengecek kesehatan kucing. Banyak kucing yang memang terlahir dengan genetic tubuh yang kurus dan susah gemuk. Apabila demikian maka hanya perlu memaksimalkan dengan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan agar kucing tetap sehat.

Demikianlah 8 cara menggemukkan kucing kampung di atas bisa dipraktikkan bagi yang memiliki peliharaan kucing di rumah. Seperti yang sudah dijelaskan, meskipun memberikan banyak asupan makanan dan minuman namun tetap harus memastikan kondisi kesehatan kucing.

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *