Cara Menghilangkan Jamur pada Kucing dengan Minyak Zaitun yang Bisa Dicoba

cara menghilangkan jamur pada kucing dengan minyak zaitun

IwanWahyudi.net – Merawat kucing merupakan aktivitas yang susah-susah gampang. Tidak jarang kucing menderita suatu penyakit mulai dari yang ringan hingga berat. Jika kucing peliharaan terserang jamur, ada cara menghilangkan jamur pada kucing dengan minyak zaitun yang bisa dicoba di rumah.

Sebagai hewan peliharaan, kesehatan kucing tentu perlu dijaga. Selain mengobati jamur yang bersarang pada tubuh kucing, pemilik anabul juga perlu tahu ciri-ciri kucing yang terkena jamur. Untuk itu, simak ulasan seputar jamur pada kucing berikut ini:

Ciri-ciri Kucing Terkena Jamur

Tidak seperti manusia, hewan tidak dapat mengungkapkan sesuatu jika ada yang tidak beres dengan tubuhnya. Ketika memutuskan untuk memelihara kucing, pemilik kucing harus sadar bahwa hewan ini rentan terserang penyakit. Kucing yang terkena jamur memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Kucing Sering Menggaruk Badan

Kucing yang menggaruk badan dengan intensitas yang ringan masih terbilang wajar. Jika kucing mulai sering menggaruk badan, pemilik harus mulai mencurigai kondisi kucing tersebut. Bisa jadi, area yang terus menerus digaruk terkena jamur yang membuat kucing merasa sangat gatal.

2. Bulu Rontok dalam Jumlah Banyak

Jamur yang bersarang pada tubuh kucing yang berupa kerak atau ketombe dapat membuat bulu-bulu kucing rontok. Jika dibiarkan, kerontokan tersebut bisa membuat tubuh kucing botak. Kulit yang botak dapat membuat iritasi yang semakin parah pada kucing.

3. Timbul Ruam dan Bau

Jamur dapat dideteksi juga ketika ada banyak ruam di kulit kucing. Ruam dengan kulit memerah ini biasanya muncul di bagian kulit yang sudah botak atau di antara bulu. Semakin lama, ruam akan menimbulkan bau yang tak sedap dan mencirikan jamur sudah berkembang parah.

Hilangkan Jamur Kucing dengan Minyak Zaitun

Jika melihat kucing peliharaan menunjukkan ciri-ciri di atas, segera obati dan jangan dibiarkan. Kucing yang merasa tidak nyaman akan tubuhnya sendiri bisa mengakibatkan kucing stres dan hilangnya selera makan.

Salah satu bahan alami di rumah yang bisa digunakan untuk mengobati jamur pada kucing adalah minyak zaitun. Bukan rahasia lagi, minyak zaitun memang memiliki banyak manfaat. Berikut cara menghilangkan jamur pada kucing dengan minyak zaitun yang bisa dicoba:

1. Mengoleskan Minyak Zaitun secara Langsung

Untuk menghilangkan jamur kucing dengan minyak zaitun, gunakanlah produk minyak zaitun terbaik. Usahakan untuk memakai minyak zaitun yang tingkat keasamannya rendah dan bebas bahan kimia untuk keamanan kucing.

Oleskan minyak ini pada kulit yang berjamur dan diamkan selama beberapa menit. Jika jamur terhalang bulu, dapat juga dioleskan pada bulu kucing dan dibiarkan meresap. Lambat laun, jamur yang berkerak bisa terlepas dengan sendirinya jika rutin dioleskan minyak zaitun.

2. Menggunakan Minyak Zaitun dengan Air Daun Sirih

Selain mengoleskan minyak zaitun secara langsung ke kulit yang iritasi, mengkombinasikannya dengan air daun sirih bisa menjadi obat alami untuk jamur. Kedua bahan alami ini dapat digunakan terpisah dengan cara seperti berikut:

  • Rebus beberapa lembar daun sirih dan tambahkan sedikit garam.
  • Jika sudah, biarkan airnya mendingin sebelum digunakan.
  • Pakai air rendaman daun sirih tadi untuk memandikan kucing atau langsung dibasuh pada area kulit iritasi yang terkena jamur.
  • Selanjutnya, oleskan minyak zaitun pada bagian kulit yang iritasi.
  • Dengan cara ini, luka akan cepat sembuh dan bakteri jamur yang bersarang pada kulit kucing ikut mati.

Manfaat Lain Minyak Zaitun

Bukan hanya untuk menghilangkan jamur, minyak zaitun pun memiliki manfaat lain untuk kucing. Minyak zaitun dapat dikonsumsi kucing dengan dosis yang tidak berlebihan, sekitar 1 sendok makan per hari dan dicampur pada makanannya. Berikut manfaat lain minyak zaitun untuk kucing:

  • Menurunkan berat badan. Minyak zaitun bisa membantu membakar lemak pada kucing yang obesitas dengan cara memecahnya.
  • Menyembuhkan sembelit. Minyak zaitun yang dikonsumsi kucing bisa merangsang gerakan usus. Dengan begitu, feses kucing dapat menjadi lebih lembut hingga cair. Hal yang harus diperhatikan adalah, pemberian minyak zaitun pada kucing haruslah dalam batas wajar.
  • Menjaga kulit dan bulu tetap lembut. Sifat lembam dari minyak zaitun bagus untuk kesehatan kulit kucing. Begitu pun untuk bulu kucing, jika dioleskan minyak zaitun secara rutin, bisa menjadi lebih lembut.

Demikian cara menghilangkan jamur pada kucing dengan minyak zaitun yang bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk membawa kucing ke dokter. Dengan bahan yang sama pula, anabul bisa memperoleh banyak manfaat asalkan digunakan dalam batas sewajarnya.

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *