Cara Menghilangkan Kutu di Kucing Secara Efektif, Pemilik Perlu Tahu!

cara menghilangkan kutu di kucing

IwanWahyudi.net – Cara menghilangkan kutu di kucing cukup penting untuk diketahui pemilik karena kutu dapat mempengaruhi atau mengganggu kesehatan hewan kesayangan ini. Ada beberapa cara-cara yang bisa digunakan pemilik dengan efektif, dimana akan dijabarkan dalam uraian singkat berikut:

1. Coba untuk Tidak Satu Kandang

Pemilik kucing yang memiliki hewan peliharaan dalam jumlah lebih dari satu, tampaknya cara yang satu ini dapat dicoba sebagai tahap awal. Apabila saat sedang bermain bersama kucing kesayangan tanpa sengaja melihat kutu maka sebaiknya segera pisahkan kandang.

Tujuannya agar kutu yang sudah “tinggal” tidak berpindah ke kucing atau hewan peliharaan lainnya, dimana hal tersebut dapat memperumit keadaan. Selain itu, pemilik juga bisa lebih memantau perkembangan kesembuhan dari kucing yang terinfeksi kutu dengan lebih mudah.

2. Pakai Sisir Serit Khusus

Seperti yang sudah sering didengar, sisir serit dianggap mampu untuk menghilangkan kutu yang hidup di suatu inang. Pada kucing pemilik pun dapat memanfaatkannya, namun pastikan sisir serit yang digunakan khusus (ditandai dengan bahan logam bergigi rapat).

Pemilik bisa menyisir rambut kucing mulai dari bagian kepala hingga ekor kemudian bersihkan kutu ataupun kotoran yang menempel pada tubuh. Disarankan pemilik agar menggunakan air hangat yang ditambahkan detergen atau bahan pembersih untuk merendam sisir tersebut.

3. Pakai Minyak Zaitun

Mungkin bahan berikut bisa dikatakan merupakan alternatif sebagai salah satu cara yang dapat membantu menghilangkan kutu pada kucing peliharaan. Kalau ada waktu luang, coba untuk mencari kemudian membeli minyak zaitun di toko terdekat atau platform online shop supaya lebih praktis.

Pemilik hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada rambut hingga meresap (tunggu lima belas menit). Biasanya kutu akan terlepas dari tubuh kucing, setelah itu baru dimandikan dan keringkan dengan benar. Apabila belum sempat membeli minyak zaitun, telon dapat digunakan sementara waktu.

4. Pakai Shampo Khusus Anti Kutu

Tidak hanya menggunakan alternatif, cara menghilangkan kutu di kucing juga bisa menggunakan shampo yang dirancang khusus. Produk shampo anti kutu tersebut umumnya mudah dicari di toko-toko yang berhubungan dengan hewan peliharaan atau pet shop.

Mandikan kucing peliharaan dengan shampo tersebut dan pastikan semua kotoran termasuk kutu hilang dari tubuh kucing. Selanjutnya, pemilik bisa menyisir menggunakan sisir serit khusus yang sudah dibahas sebelumnya untuk meyakinkan bahwa kutu telah hilang.

5. Buat Racikan dari Bahan Alami

Jika tadi menggunakan minyak zaitun maka cara menghilangkan kutu dapat pula dengan membuat racikan alami seperti teh chamomile dan lavender. Agar tidak ribet dan lebih mudah waktu menggunakan racikan ke tubuh kucing, pemilik bisa mendesain dalam bentuk semprotan.

Untuk kiat menyajikan teh chamomile sebaiknya direndam dengan air panas lebih dulu baru bisa disemprot saat sudah dingin. Sementara bahan alami berjenis lavender dapat didiamkan dalam waktu semalam, setelah itu semprotkan secara merata di permukaan tubuh.

6. Datang ke Dokter Hewan

Cara lain yang dapat dilakukan oleh pemilik, kunjungi dokter hewan terdekat untuk berkonsultasi terkait infeksi kutu pada kucing peliharaan. Disana pemilik pasti akan diberikan kiat-kiat bagaimana menghilangkan kutu termasuk pemberian terapi apabila memang dibutuhkan.

Tidak terbatas itu saja, bagi pemilik yang ingin sekaligus mengecek kondisi kesehatan kucing peliharaan pun bisa berkonsultasi dengan dokter hewan. Kesehatan sangat berperan dalam tumbuh kembang dan aktivitas harian yang dijalankan kucing, sehingga hal tersebut sebisa mungkin dipastikan dengan baik.

7. Rajin Membersihkan Kandang

Memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi kebersihan bisa mempengaruhi lingkungan tempat tinggal menjadi lebih sehat termasuk kandang kucing. Meskipun kesibukan pekerjaan atau tugas kuliah yang menumpuk, alangkah baiknya pemilik peduli terhadap kesehatan kucing peliharaan agar terhindar dari bermacam infeksi.

Jangan sampai kandang yang ditinggali oleh kucing kotor sehingga memudahkan agen infeksi seperti kutu masuk ke dalamnya. Bersihkan kandang dengan benar dan pastikan mendapat pencahayaan sinar matahari secara teratur. Cara ini bisa menjadi pendukung dalam mencegah kutu maupun menghilangkannya.

Cara menghilangkan kutu di kucing bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan asalkan pemilik memiliki waktu luang dan sungguh-sungguh. Kebersihan menjadi faktor pendukung yang penting dalam membasmi kutu dari tubuh kucing, itulah sebabnya pastikan kebersihan kandang dengan baik.

 

 

Pengunjung juga mencari:

  • Kerangka Tulisan Ilmiah
  • MEMBUAT TULISAN FUTSAL
  • jenis jenis kerangka teori
  • buku infografis
  • bentuk kerangka artikel ilmiah
  • kerangka membuat abstrak
  • pengertian bahasa di buku
  • kata-kata jarang digunakan
  • skills and character untuk penulis novel
  • Cara membuat kerangka

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *