6 Cara Mengobati Kaki Kucing yang Pincang Secara Alami

cara mengobati kaki kucing yang pincang secara alami

IwanWahyudi.net – Apabila melihat kaki kucing kesayangan menjadi pincang dan bengkak, rasanya ingin menyembuhkan dan mengobatinya, tetapi tidak tahu bagaimana cara yang benar. Untuk yang mengalami hal ini, tidak perlu cemas sebab sekarang sudah ada cara mengobati kaki kucing yang pincang secara alami dan efektif.

Pengobatan kaki kucing yang pincang memang lebih aman jika menggunakan cara alami. Sebab dengan memakai cara alami, maka tak ada efek samping yang dialami kucing piaraan. Bagi yang belum tahu cara melakukannya, berikut ini akan diberi petunjuknya:

1.  Bersihkan Kaki yang Luka

Pincang kaki pada kucing memang bukan hal yang bisa diremehkan, oleh karena itu butuh perhatian khusus pada piaraan. Hal pertama yang harus dilakukan ialah membersihkan kaki yang luka. Bersihkan dengan air hangat hingga bagian kaki yang luka menjadi bersih kembali.

Jika sudah membersihkan kaki yang luka dengan sabun anti-bakteri, segera rendam dengan air garam Epsom yang hangat. Rendam selama 15 menit, kemudian bilas dan oleskan salep antibiotik di bagian luka. Pemberian salep antibiotik ini untuk meredakan pembengkakan.

2.  Tempatkan di Area yang Nyaman

Apabila sudah membersihkan kaki kucing yang luka, maka hal kedua yang harus dilakukan adalah menempatkan kucing di area yang nyaman dan bersih. Menempatkan kucing yang sakit di area yang nyaman dan bersih ini untuk mendukung kesembuhan kucing piaraan.

Dengan meletakkan kucing di area yang nyaman dan bersih, kucing yang kakinya pincang dapat beristirahat. Biasanya kucing yang kakinya pincang, pasti membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk melakukan penyembuhan. Fase ini diperlukan kucing untuk pemulihan diri.

3.  Pemenuhan Nutrisi

Pemberian nutrisi yang cukup sangat dibutuhkan oleh kucing yang kakinya pincang. Ini karena dalam masa pemulihan, kucing membutuhkan nutrisi yang cukup. Untuk mendukung nutrisinya, maka pemilik kucing harus memberikan pakan yang memiliki kandungan cukup.

Sebaiknya ketika kucing sakit, berikan pakan dengan tekstur yang lebih cair supaya kucing lebih mudah menelan dan mencernanya. Berikan pakan dengan kandungan nutrisi berupa protein dan kalsium agar proses pemulihan serta perbaikan sel-sel tubuh lebih cepat.

4.  Jemur di Bawah Sinar Matahari

Cara mengobati kaki kucing yang pincang secara alami juga bisa dilakukan dengan menjemur piaraan di bawah sinar matahari. Sinar matahari terutama pada saat pagi sangat baik untuk kesembuhan kucing. Jemur kucing pada sekitaran jam 08.00 hingga jam 09.00 pagi hari.

Jangan letakkan kucing di tempat yang terlalu terik dan panas, tempatkan pada area yang teduh namun cukup menerima sinar matahari. Jemur kucing hanya sepuluh menit saja, sebab jika terlalu lama maka bisa menyebabkan kucing menjadi tidak nyaman dan tidak suka.

5.  Jaga Kebersihan Tubuh

Kucing yang pincang sangat membutuhkan perawatan yang lebih, sehingga selalu jaga kebersihan tubuhnya. Mandikan kucing dengan menyikat tubuhnya dan bilas dengan air hangat. Lewati bagian kaki yang luka, setelah itu keringkan dengan handuk hingga bersih.

Pastikan agar tubuh kucing selalu dalam keadaan bersih dan nyaman walaupun dalam keadaan pincang. Ini penting untuk mendukung proses kesembuhan dan pemulihan kucing yang sangat memerlukan kebersihan. Kucing yang bersih terhindar dari kuman dan infeksi.

6.  Batasi Gerakan

Hindari mengajak kucing yang pincang untuk bermain dan bergerak terlalu banyak. Hal ini dikarenakan kucing yang pincang membutuhkan waktu istirahat yang ekstra. Biarkan si kucing nyaman dengan posisi tidurnya. Sediakan waktu untuk si kucing yang pincang agar istirahat dan mendapatkan posisi yang nyaman.

Itulah sejumlah cara mengobati kaki kucing yang pincang secara alami dan telah terbukti efektif bisa menyembuhkan piaraan kesayangan. Dengan menerapkan cara yang telah disebutkan dan memberikan kasih sayang lebih, maka kucing bisa sembuh kembali.

 

 

Pengunjung juga mencari:

  • INFOGRAFIS MENULIS ARTIKEL
  • contoh kerangka tulisan ilmiah
  • bahasa yang digunakan dalam menulis artikel
  • membuat outline untuk artikel
  • cara buat benzaldehida
  • kerangka tulisan fu untuk print
  • teknik tulisan paku kuno

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *