5 Penyebab Mata Anak Kucing Tertutup Sebelah, Wajib Tahu!

mata anak kucing tertutup sebelah

IwanWahyudi.net – Memiliki kucing sebagai hewan peliharaan sekaligus teman ketika sedang kesepian dianggap sebagai pilihan yang tepat, apalagi ketika hidup hanya sendiri. Namun masih ada beberapa orang yang memelihara hewan ini namun tidak tahu penyebab dari masalah mata anak kucing tertutup sebelah.

Ada beberapa masalah yang bisa menyerang kucing kesayangan terutama ketika masih muda, seperti masalah yang sering dibiarkan di mata. Untungnya, ada beberapa hal terkait dengan penyebab dari masalah ini, seperti yang dijelaskan dalam uraian yang lengkap berikut ini:

1.  Mengalami Belekan

Untuk penyebab yang pertama yang seringkali ditemukan di anak kucing adalah karena seringnya berkelahi dengan anak kucing yang lainnya. Hal ini kemudian menyebabkan munculnya luka yang bervariasi terutama untuk bagian mata yang nantinya bisa menjadi sumber dari masalah belekan.

Sementara itu, ada juga hal lainnya yang seringkali terjadi pada kucing yang belekan adalah karena tidak terawat dengan baik oleh para pemiliknya. Padahal faktanya, kucing yang masih berusia muda seharusnya dirawat dengan lebih hati-hati dan segera diatasi jika ditemukan luka di mata.

Ada juga solusi yang bisa dicoba oleh setiap orang adalah dengan membawa kucing yang liar dan membersihkan matanya dengan perlahan. Namun jika ternyata penyakitnya benar-benar terlihat parah, maka bisa mengatasinya dengan bantuan dari daun sirih sebelum nanti dibawa ke dokter.

2. Ada Selaput Putih

Kemudian ada jenis penyebab yang lainnya yang jangan sampai dilewatkan, terutama untuk yang menemukan banyak kasus seperti ini di sekitar. Ternyata penyebab yang ada dari kondisi anak kucing yang memiliki mata yang tertutup hanya sebelah itu berkaitan dengan infeksi virus.

Perlu dikenali bahwa ada banyak infeksi yang bisa saja terjadi apalagi jika kucing masih berusia muda dan memerlukan banyak perawatan. Kali ini, misalnya saja, ada sebuah bakteri atau virus yang bisa menyerang bagian mata dan memberikan efek yang buruk.

Jika sampai mata tersebut menjadi tertutup hanya di bagian sebelah, maka upayakan untuk mengambil kapas dan membersihkannya secara perlahan. Setelah itu, jangan lupa untuk menggunakan bantuan dari air hangat agar nanti lebih mudah dalam mengoleskannya ke bagian yang sakit.

3. Mengalami Dehidrasi

Sementara itu, ada juga penyebab dari mata anak kucing tertutup sebelah yang lainnya untuk diketahui apalagi dalam waktu yang lama. Misalnya saja, ada penyebab yang berkaitan erat dengan dehidrasi yang ternyata sedang dialami oleh anak kucing dan memunculkan penyakit lainnya.

Untuk solusi yang paling tepat dari masalah ini tidak hanya terbatas pada memberikan air biasa untuk diminum anak kucingnya. Selain itu, ada juga cara mengatasi yang lainnya dengan memberikan susu khusus kucing yang harus dalam keadaan yang masih dikonsumsi.

4. Sedang Kelaparan

Ada juga penyebab yang lainnya yang mungkin tidak dipahami oleh banyak orang terutama yang tidak pernah memelihara anak kucing sebelumnya. Banyak masalah yang bisa terjadi pada anak kucing seperti mata yang tiba-tiba saja tertutup sebelah yang mungkin bisa menjadi parah.

Misalnya saja, penyebab dari hal ini berkaitan dengan kondisi kucing yang kelaparan dan tidak disadari oleh para pemiliknya di rumah sendiri. Terkadang beberapa pemiliknya hanya sekedar memberikan makan di bagian wadah tanpa benar-benar mengecek apakah kondisi tubuhnya dalam kondisi yang baik-baik saja.

Nantinya, solusinya hanya dengan menyediakan makanan yang baru baik itu dalam kondisi kering maupun basah sesuai dengan kebutuhan anak kucing. Selain itu, hanya perlu ditambahkan dengan beberapa nutrisi tambahan yang ada terutama untuk bagian vitamin jika sudah pernah dibeli sebelumnya.

5. Dalam Kondisi Sakit

Terakhir, ada juga penyebab lainnya yang mungkin jangan sampai diabaikan terutama untuk yang sudah menemukan kondisi ini dalam waktu lama. Mulai dengan membawa kucing ke dokter yang sudah sering dipakai karena bisa saja anak kucing tersebut terserang penyakit yang parah.

Penyakit yang dimaksudkan ini tidak hanya yang bisa terjadi di bagian mata namun juga bagian lainnya yang jarang benar-benar disadari. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi obat yang sudah diberikan sesuai dengan dosis yang ada apalagi dilengkapi dengan perawatan lainnya.

Informasi yang menjelaskan kondisi seperti mata anak kucing tertutup sebelah yang detail dalam uraian tersebut bisa segera dikenali saat ini. Ada yang memang berkaitan dengan dehidrasi yang sedang dialami sekarang dan ada juga yang disebabkan oleh penyakit yang tidak disadari sebelumnya.

 

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *