6 Penyebab Bulu Kucing Menggumpal Yang Harus Diketahui Oleh Pemilik

bulu kucing menggumpal

IwanWahyudi.net – Kucing ras biasanya memiliki bulu yang lebih panjang dan lebat jika dibandingkan dengan kucing kampung biasa. Hal ini menjadikan kucing ras terlihat lebih besar, bulat dan juga terlihat mahal. Meski demikian, bulu kucing juga bisa menggumpal. Adapun penyebab bulu kucing menggumpal adalah sebagai berikut:

1. Kucing Jarang Dimandikan

Kucing yang memiliki bulu panjang dan lebat harus rajin dimandikan. Hal ini disebabkan, salah satu penyebab bulu kucing menggumpal yaitu banyak kotoran yang menempel pada bulunya. Seperti diketahui, kucing seringkali bermain kesana-kemari kemari dan membuat banyak kotoran dan debu tak sengaja menempel.

Kucing berbulu pendek dapat membersihkan kotoran di tubuhnya sendiri dengan cara menjilatinya hingga bersih. Namun, kucing yang berbulu panjang akan sulit membersihkan semua bagian tubuhnya dan dapat mengakibatkan bulunya menjadi menempel satu sama lain. Untuk itu, pemilik perlu memandikan kucing hingga bersih.

2. Kucing Sering Dimandikan

Tak hanya jarang dimandikan saja, kucing yang terlalu sering dimandikan oleh pemiliknya juga bisa mengakibatkan bulunya menggumpal. Hal ini terjadi karena bulu kucing akan menjadi kusut dan sulit untuk disisir. Dengan demikian, bulunya pun akan menempel dan membuatnya terlihat gimbal di beberapa bagian.

Untuk itu, pemilik sebaiknya tidak memandikan kucing sering-sering. Idealnya, kucing dapat dimandikan sekitar dua hingga tiga minggu sekali dan tidak setiap hari. Namun, jika kucing memiliki bulu panjang dan tebal maka pemilik dapat memandikannya seminggu sekali supaya terhindar dari penyakit kotoran yang menempel di bulunya.

3. Jarang Menyisir Bulu Kucing

Kemudian, penyebab bulu kucing menggumpal selanjutnya adalah pemilik jarang menyisir bulunya. Setelah memandikan kucing, maka pemilik sebaiknya langsung mengeringkan bulunya dan juga menyisirnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari bulu kucing saling menempel hingga lama kelamaan akan menggumpal.

Pemilik dapat mengeringkan bulu kucing menggunakan handuk khusus ataupun pengering rambut sehingga semua bagian bulunya kering dan bukan hanya luarnya saja. Setelah itu, pemilik bisa mengusirnya supaya bulu tidak kusut dan menjadi lebih halus.

Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan sikat khusus yang tidak terlalu kasar sehingga bulu kucing tidak tercabut namun tetap terurai per helainya. Kemudian, kucing dapat dijemur di bawah sinar matahari supaya tubuhnya tidak kedinginan.

4. Jarang Memotong Bulu Kucing

Kucing yang berbulu panjang dan lebat perlu dipotong bulunya secara teratur. Biasanya, di area tertentu misalnya bagian bokong kucing, bulunya yang panjang akan saling menempel. Penyebabnya bisa jadi karena kotoran yang diduduki oleh kucing maupun hal lainnya. Karena itu, bulu pun lama-lama akan menggumpal.

Untuk itu, pemilik dapat mencoba memotong sebagian bulu kucing menggunakan gunting khusus supaya tidak terlalu panjang. Potong bulu secara teratur sehingga mengurangi potensi gimbal pada area tubuh kucing tersebut.

5. Kucing Sudah Berumur

Kucing yang sudah tua biasanya akan terlihat lebih lemah dibandingkan sebelumnya. Selain itu, kucing tua juga tidak bersemangat lagi termasuk menjilati bulu untuk membersihkan dirinya. Karena itu, pemilik perlu merawat kucing tua dengan baik supaya tetap sehat dan bersih.

Caranya adalah dengan memandikan kucing sekitar satu hingga tiga minggu sekali. Setelah itu, sikat bulu kucing dan potong bagian yang terlalu panjang hingga bersih dan rapi. Tak lupa, perhatikan pula makanan kucing sehingga nutrisinya tercukupi. Dengan begitu, kucing menjadi lebih sehat dan dapat berumur panjang.

6. Kucing Sakit

Kucing yang sedang sakit juga bisa menjadi penyebab bulu kucing menggumpal. Misalnya saja kucing sedang terjangkit banyak kutu sehingga sering menggaruk bulunya. Lalu, bisa pula kucing terinfeksi jamur sehingga bulunya tampak rontok dan kemudian tumbuh lagi namun menggumpal.

Bila hal ini terjadi, pemilik bisa menggunakan obat khusus untuk mengobatinya. Bersihkan kucing dan berikan obat secara rutin supaya kucing cepat sembuh. Pemilik dapat membeli obat kucing di toko hewan. Namun, jika sulit sembuh maka dapat membawanya ke dokter hewan terdekat.

Itulah beberapa penyebab bulu kucing menggumpal yang harus diketahui oleh pemilik hewan peliharaan yang satu ini. Dengan menjaga kebersihan serta kesehatannya, maka bulu kucing pun menjadi halus, rapi dan juga lebih terawat dengan baik. Selain itu, kucing juga dapat terhindar dari penyakit yang dapat menularkannya kepada pemilik.

 

 

Pengunjung juga mencari:

  • outline buku perjalanan perusahaan

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *