Pahami Perbedaan Bayi Kucing Kampung Dan Persia Agar Tidak Tertipu!

perbedaan bayi kucing kampung dan persia

IwanWahyudi.net – Perbedaan bayi kucing kampung dan persia yang baru lahir sebenarnya cukup jauh. Apalagi dilihat dari bentuk wajah serta bulunya. Hanya saja, tidak semua orang bisa membedakannya terlebih yang baru akan mengadopsi atau membelinya. Jika tidak tahu bisa saja tertipu.

Bukan masalah bagi pengadopsi gratis, tetapi masalah besar yang membeli. Pasalnya harga kucing persia agak mahal mulai ratusan hingga jutaan tergantung usia serta jenisnya. Namun biasanya tidak disarankan mengadopsi sebelum 4 pekan karena kucing wajib minum ASI. Akan tetapi, bukan tidak boleh asalkan makanannya tetap susu formula khusus.

Apa Itu Kucing Persia Dan Kampung

Kucing Persia termasuk kucing ras asal negara Persia yang sekarang dikenal negara Iran. Kucing jenis ini awalnya diperkenalkan di seluruh Italia dan tersebar hampir seluruh dunia. Sampai sekarang menjadi favorit karena bentuk dan bulunya yang lucu. Sifatnya pun tak kalah menggemaskan serta manja.

Kucing persia lebih cocok dipelihara bagi orang yang menyukai kucing pendiam. Sifatnya yang lebih banyak rebahan serta manja tidak akan mengganggu pemiliknya. Apalagi sampai merusak barang untuk dijadikan mainan. Sayangnya sifat tersebut membuatnya kurang sehat, sehingga perawatan kesehatannya cukup banyak.

Sedangkan kucing kampung atau biasa disebut domestik yaitu kucing yang terlihat di sekitar rumah, jalan bahkan tempat sampah. Kucing ini kebanyakan liar dan hidup di jalanan, tetapi banyak pula yang memeliharanya. Kucing kampung sebenarnya tidak jelas asalnya. Beberapa ahli mengatakan muasal silsilahnya dari kucing liar Afrika (Felis silvestris lybica) karena kemiripannya.

Sekedar informasi, pasti banyak yang belum tahu kalau kucing kampung juga memiliki nama keren. Di negara luar kucing kampung dipanggil Moggy atau kucing non ras. Sebab kucing domestik terdapat di banyak negara.

Perbedaan Bayi Kucing Kampung Dan Persia

Berencana untuk membeli kucing jenis Persia? Supaya tidak salah memilih, baiknya simak ulasan tentang perbedaan bayi kucing kampung dan persia di bawah supaya tidak tertipu. Tentu tidak ingin kecewa karena sudah mengeluarkan uang besar hanya untuk membeli kucing kampung. Adapun perbedaannya bisa dilihat dari,

  • Tubuh. Perbedaan bayi kucing kampung dan persia terletak pada tubuhnya. Jika tanpa campuran bentuk tubuh persia lebih bulat, gemuk dan pendek. Sedangkan kucing kampung bentuk tubuhnya ketika bayi tidak jauh berbeda setelah dewasa yaitu ramping, sehingga terlihat panjang.
  • Perbedaan ini cukup mencolok dimana bulu kucing persia sudah lebat sejak bayi. Berbeda dengan kucing kampung yang lebih terlihat gundul, tetapi bukan tidak ada bulunya. Bahkan sampai dewasa pun bulu kucing kampung tidak lebat.
  • Hidung kucing persia yang baru lahir bisa menjadi patokan untuk membedakan dengan bayi kucing kampung. Dimana hidung persia umumnya pesek bahkan sampai tidak terlihat atau disebut peaknose. Hal tersebut juga bisa menjadi pembeda antara kucing anggora dan persia.Namun demikian, untuk persia medium bentuk hidungnya tidak begitu jauh perbedaannya. Jadi lihat patokan lain untuk memilihnya.
  • Perbandingan lain dapat tampak dari wajah. Seperti yang sudah dibahas sekilas di atas bahwa kucing persia wajahnya sejak bayi sudah imut dan chubby. Lain lagi dengan kucing domestik yang agak runcing serta lonjong.
  • Kaki kucing kampung dan persia tentu saja berbeda. Dilihat dari bentuk wajah dan tubuh tentu kaki kucing persia juga gemuk. Begitupun dengan kaki kucing kampung yang kurus menyesuaikan bentuk tubuhnya.
  • Jika bulu kucing persia lebat, maka ekornya pasti begitu. Sama halnya dengan kucing kampung yang tentu ekornya berbulu sedikit.

Tips Membeli Kucing Persia Agar Tidak Tertipu

Kucing ras cukup banyak yang dijual di pasaran baik secara online atau toko khusus. Supaya tidak tertipu dengan jenis kucing kampung, terapkan perbedaan pada penjelasan sebelumnya sembari memilih. Tips lain yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut!

  • Sebaiknya bertemu secara langsung untuk dapat melihat perbedaannya secara fisik sesuai jenis kucing yang akan dibeli termasuk persia.
  • Bila memungkinkan lihat indukannya apakah ada campuran atau tidak untuk memastikan.
  • Jika tidak bisa bertemu karena jarak, maka disarankan untuk meminta video call.
  • Pilih yang jenis peaknose daripada medium. Soalnya susah dibedakan kalau jenis medium.

Demikian tadi perbedaan bayi kucing kampung dan persia yang ada beberapa perbedaanya. Tertarik untuk memelihara kucing ras? Jangan lupa perhatikan perbedaan bayi kucing kampung dan persia sesuai informasi di atas supaya tidak salah membeli.

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *