Tips Paling Mudah Menjadi Penulis

Tips Paling Mudah Menjadi Penulis

IwanWahyudi.net – Tips Paling Mudah Menjadi Penulis. Banyak teman dan saudara yang bertanya kepada saya “Bagaimana sih caranya menjadi penulis.” Tanpa ragu saya jawab, “Ya harus nulis.”

Sekilas memang seakan jawabannya asal-asalan kan, tapi memang seperti itulah kenyataannya. Sebenarnya sama halnya dengan saat kamu ditanya oleh teman,

Bagaimana caranya supaya kuat? Ya harus kuat.

Bagaimana caranya supaya sehat? Ya harus sehat.

Bagaimana supaya bisa jalan? Ya harus jalan.

Simpel memang tapi dalam prakteknya memang tidak mudah. Karena memang sebagaimana kesuksesan, yang ingin sukses pasti semua orang, tapi yang benar-benar melakukan segala sesuatu untuk sukses hanya segelintir orang. Begitu juga dengan menulis. Mungkin yang ingin menjadi penulis sangat banyak, tapi yang melakukan kegiatan yang paling penting untuk menulis, yaitu latihan menulis, sangat malas.

Menulis ini sudah seakan menjadi trend saat ini. Banyak orang membayangkan menjadi penulis itu mudah, yaitu cukup dengan kemahiran mengetik 10 jari sudah semuanya. Padahal bukan itu karena menulis dan mengetik sangat beda jauh kerjanya.

Penulis vs Pengetik

Yang hingga saat ini menganggap bahwa menulis itu adalah mengetik, maka harus diluruskan disini. Menulis itu membutuhkan kemampuan berpikir. Sedangkan mengetik hanya membutuhkan kecepatan jari-jari dalam merangkai huruf, kata dan kalimat. Tidak ada pelibatan otak secara dominan dalam proses mengetik ini. Itulah kenapa jasa pengetikan sampai kapan pun akan jauh lebih murah dari jasa penulisan, meski kadang prihatin, ada yang tidak bisa membedakan antara keduanya.

Tapi untuk menjadi penulis kita harus tetap mengetik tulisan setiap harinya yang sudah kita rencanakan sebelumnya, atau dengan menulis bebas apa-apa yang ada di sekitar kita untuk latihan menulis.

BACA JUGA   Cara Menulis Buku Berbagai Kategori. Bagaimana Saja Caranya?

Saya pribadi telah terbiasa melakukannya sejak awal di bangku SMP, meski saya tidak punya buku diary khusus, jadi menulis di buku-buku tulisan bekas saja. Baru saat saya mondok di PM Gontor, buku diary saya tak terhitung jumlahnya. Belum lagi buku-buku catatan yang selalu saya bawa saat setiap kali masuk ke perpustakaan.

Jadi, tanpa saya sadari sejak usia belasan tahun saya sudah menyukai aktivitas baca dan menulis ini. Jadi jika saat ini saya harus melakukan keduanya seakan tanpa beban lagi. So, saat ini sudah tahu kan tips paling mudah menjadi penulis? Ya, jawabannya adalah dengan selalu menulis.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

                           PERKENALAN    

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Penulis Konten Perusahaan yang telah berpengalaman selama 10 tahun. 

Sebagai penulis telah membantu 30 + klien personal menyelesaikan penulisan bukunya. Ia bersama tim juga telah menyelesaikan puluhan konten perusahaan, baik berupa laporan (seperti annual report, sustainability report, CSR report) maupun yang berupa buku dokumentasi dan informasi (seperti buku sejarah dan majalah perusahaan)

Atas pencapaiannya maka ia mendapatkan kepercayaan untuk menulis buku sejarah perusahaan (biasanya untuk memperingati ulang tahun perusahaan) yang dibiayai oleh sponsor dengan syarat dan kriteria tertentu.

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, instansi, organisasi, advertising dan yang lainnya untuk menghasilkan buku yang kreatif dan berkualitas dari segi isi dan tampilan.

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0822 3000 3636